Gereja Gothic Sayidan
Satu lagi tempat menarik di Jogja yang bisa juga disebut wisata selfie Jogja yang saat untuk cukup banyak diburu. Gereja Gothic Sayidan yang memiliki bentuk bangunan cukup unik ini cukup populer di instagram. Meskipun terdapat beberapa cerita misterius yang belum diketahui kebenaranya tentang Gereja Sayidan ini, namun nyatanya tetap banyak yang datang kesini untuk sekedar berfoto dengan background bangunan unik ala Eropa tersebut.

Fakta Gereja Gothic Sayidan

Menurut beberapa sumber, ternyata Gereja Gothic Sayidan ini sebenarnya bukanlah benar - benar sebuah gereja melainkan tempat tinggal yang dimiliki oleh orang keturunan Tiong Hoa dan dibangun kira - kira pada tahun 1987. Hanya saja karena bangunan ini memang memiliki arsitektur yang unik serta beberapa salib dan lonceng sehingga masyarakat awam menyebutnya sebuah gereja. Selain sebagai tempat tinggal, bangunan ala Eropa ini juga dijadikan sebagai pabrik dan museum Batik yang berada tepat di bawah tanah tempat ini.


Bisa kita lihat di instagram dengan hastag #gerejagothic maka akan muncul banyak sekali netizen yang sudah upload foto - foto selfie mereka di Gereja Gothic Sayidan ini. Bahkan ternyata tempat ini pernah dijadikan lokasi pembuatan video klip penyanyi senior Indonesia yaitu Ari Lasso dalam lagunya yang berjudul Perbedaanpada tahun 2000-an. Mungkin karena memang tahun - tahun terakhir ini banyak tempat wisata selfie di Jogja sehingga bangunan ini baru populer sekarang.
 Gereja Gothic Sayidan

Lokasi Gereja Gothic Sayidan

Gereja Sayidan berada di Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kamu dari arah Keraton Yogyakarta silahkan ke arah timur hingga sampai lampu merah yang jika ke kanan adalah ke Jogja Tronik. Namun kamu tidak perlu ke kanan melainkan lurus memasuki gang kecil yang menuju arak Polsek Gondomanan dan nanti akan terlihat bangunan tersebut karena memang cukup tinggi.

Dengan dikenalnya bangunan unik yang dikenal dengan nama Gereja Gothic Sayidan ini menjadikan Jogja lebih lengkap akan hal - hal unik yang berada di dalamnya. Meskipun melihat dari tahun pembuatanya belum begitu tua namun bangunan ini memang sudah terlihat seperti bangunan tempo dulu yang mungkin karena sudah tidak terawat lagi. Nah jika kamu penasaran seperti apa aslinya Gereja Gothic Sayidan yang mirip bangunan Eropa ini bisa segera datang untuk melihatnya secara langsung dan berfoto selfie disana. Dan jangan lupa cek Wisata Jogja Populer lainnya di YogyaLagi Dotcom.


EmoticonEmoticon