Desa Wisata Nglanggeran Meraih Penghargaan Tingkat ASEAN. Pasti sangat membanggakan mengingat saat ini memang Wisata di Gunung Kidul menjadi salah satu wisata terbaik di Indonesia. Dan salah satu wisata terpopuler di Gunung Kidul adalah salah satunya juga Desa Wisata Nglanggeran. Tidak heran jika setiap wisatawan yang berkunjung ke Jogja pasti akan menyempatkan waktu untuk explore ke kabupaten Gunung Kidul.
Desa Wisata Nglanggeran
Desa Wisata Nglanggeran mendapatkan penghargaan tingkat ASEAN di di ASEAN Community Based Tourism (CBT) Award di Singapura. Yang menarik adalah bahwa ternyata Wisata di Nglanggeran yang juga menjadi salah satu dari 13 geosite dalam rangkaian “Global Geopark Network” Gunungsewu ini ternyata dikelola sendiri oleh masyarakat di Nglanggeran.


Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Sugeng Handoko salah satu pengelola Desa Wisata Nglanggeran di Singapura hari Jumat (20/1/2017). Penilaian tersebut antara lain adalah dari segi kesejahteraan masyarakat, kualitas makanan dan minuman, peningkatan lingkungan dan lainnya. Selain Desa Wisata Nglanggeran juga ada dua lagi Desa Wisata yang menerima penghargaan tingkat ASEAN yaitu Desa Wisata Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah dan Desa Wisata Panglipuran Bangli, Bali. Saat ini memang perekonomian masyarakat di Nglanggeran sudah semakin berkembang dengan adanya Pembudidayaan Cokelat, Penggemukan Kambing Etawa, dan juga pengelolaan sekitar 100an homestay oleh masyarakat.

Di Desa Wisata Nglanggeran sendiri terdapat 3 tempat wisata populer yang saat ini sudah dikelola oleh masyarakat yaitu Gunung Api Purba Nglanggeran, Embung Nglanggeran dan Air Terjun Kedungkandang. Sampai dengan saat ini memang ketiga tempat wisata ini sudah banyak sikali dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah bahkan sedikitnya ada sekitar 5000 pengunjung di setiap bulannya.

Dengan penghargaan tingkat ASEAN yang diperoleh Desa Wisa Nglanggeran ini mudah - mudah akan menjadikan wisata Jogja khususnya Gunung Kidul akan semakin dikembangkan dan diperbaiki demi kenyamanan setiap pengunjung yang datang. Dan semoga untuk tempat wisata lainnya selain Wisata di Gunung Kidul seperti Wisata di Bantul, Wisata di Sleman, Wisata di Kulon Progo dan Wisata di Jogja Kota juga akan semakin terpacu dan lebih dikembangkan lagi untuk kedepannya.


EmoticonEmoticon