Gunung Gentong adalah salah satu wisata alam di Gunungkidul berupa gunung yang berada di sebelah timur Gunung Api Purba Nglanggeran. Jika kamu berjiwa petualang dan menyukai panorama alam dari atas ketinggian, maka Gunung Gentong cocok untuk dikunjungi. Yang tak kalah menarik disini adalah karena adanya beberapa peninggalan yang diyakini sebagai peninggalan jaman sejarah dan cukup menarik untuk diikuti.
Gunung Gentong
Dari atas puncak Gunung Gentong Gunungkidul ini kamu akan melihat hamparan pemandangan yang luar biasa megah dan indah. Ketika cuaca berkabut kamu akan seolah berdiri di atas awan yang mengagumkan. Ketinggin Gunung Gentong ini sendiri adalah 520 mdpl, dan yang juga cukup menarik adalah karena ternyata di dalam gunung ini sendiri masih ada 4 pegunungan lagi.

Gunung Gentong ini memiliki 2 tingkatan yang dapat kamu jelajahi yaitu Gunung Wedok dan Gunung Lanang sebagai puncak tertinggi disini. Sedangkan untuk 4 gunung yang berada di area ini adalah Gunung Pringgoloyo yang disebut Omben Gagak, Gunung Tunggak, Gunung Bantal dan Watu Tumpang. Jika kamu ingin menikati sunset atau sunrise yang indah maka tempat yang cocok adalah dari Gunung Pringgoloyo. Gunung Pringgoloyo sendiri disebut Omben Gagak karena disini memang terdapat sebuah belik (tempat air alami) yang sering digunakan untuk minum oleh gagak - gagak dan uniknya adalah belik ini tidak pernah kering. Namun jika ingin melihat sunrise atau sunset sambil memandang obyek wisata lain yaitu Batara Sriten maka kamu bisa dari Gunung Bantal. Berada di Gunung Gentong ini kamu akan merasakan udara yang sejuk dan segar karena lokasinya juga masih cukup alami.
Gunung Gentong Gunungkidul

Lokasi Gunung Gentong Gunungkidul

Gunung Gentong berada di Manggung, Ngalang, Gedang Sari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Tepatnya berada di sebelah timur Gunung Api Purba Nglanggeran.

Terdapat cerita sejarah yang menarik di Gunung Gentong ini. Disebut Gunung Gentong karena diatasnya terdapat sebuah gentong yang tidak biasa. Menurut cerita, dulunya tempat ini adalah tempat persinggahan Prabu Brawijaya V. Waktu itu Prabu Brawijaya melakukan pelarian dari anaknya yaitu Raden Patah yang ingin mengajaknya untuk masuk Islam. Kemudian Prabu Brawijaya memutuskan untuk bersemedi di Gunung Gentong ini. Kemudian untuk mengetahui keberadaan Prabu Brawijaya di Gunung Gentong ini Raden Patah melemparkan Gentong / Padasan dari arah Bayat, Klaten yang ternyata mengenai kepala Prabu Brawijaya. Namun memang sedikit aneh karena ternyata Gentong tersebut tidak pecah.

Lihat Daftar Wisata Jogja Berdasarkan Kabupaten:

Terdapat dua tempat bersejarah di Gunung Gentong yaitu Gadean sebagai tempat bertapanya prabu Brawijaya V dan juga Gentong / Padasan yang terletak di sisi timur dan sering digunakan untuk wisata ritual. Masih ada lagi yang unik di Gunung Gentong yaitu dengan adanya pohon Klumprit yang berumur ratusan tahun dan hanya ada satu - satunya di Desa Ngalang ini. 


EmoticonEmoticon