Embung Nglanggeran saat ini sudah menjadi salah satu tempat wisata di Gunungkidul yang cukup populer. Dengan semakin bertambahnya pengunjung, kini obyek wisata Embung ini semakin dibangun dan diperindah. Lokasi parkir yang nyaman dan warung makan juga menjadi salah satu fasilitas yang disediakan disini. Meskipun hanya sebuah kolam air buatan namun kamu akan dapat melihat pemandangan yang memanjakan mata disini.
Embung Nglanggeran
Embung Nglanggeran adalah sebuah telaga atau kolam buatan yang sebenarnya berfungsi untuk mengairi kebun buah yang berada di sekitar Nglanggeran ini. Namun karena memang lokasinya yang berada di atas puncak, akhirnya tempat ini juga menjadi salah satu tempat wisata alam di Gunungkidul karena memang dari atas sini pemandangannya cukup indah.

Embung Nglanggeran sendiri dibukan dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada bulan Februari 2013 yang lalu. Disini kamu dapat melihat pemandangan yang ada di bawah dan terhampar luas. Yang hobi selfi juga sangat cocok dengan background alam yang indah serta embung yang mempersona. Jika kamu kesini di sore hari maka sangatlah cocok karena waktu tersebut pemandangannya akan terlihat lebih indah ketika matahari mulai terbenam. Selain itu diwaktu pagi juga cukup nyaman berada disini dengan udara yang sangat sejuk. Namun jika kamu terpaksa kesini disiang hari, jangan khawatir karena disini sudah ada tempat untuk berteduh yang berada dipinggir Embung Nglanggeran.

Lokasi Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran berada tidak jauh dengan wisata yang cukup populer yaitu Gunung Api Purba Nglanggeran. Lokasinya berada di Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika kamu sudah sampai di Gunung Api Purba maka tinggal beberapa menit untuk sampai kesini.
Dari sini kamu juga bisa melihat dengan jelas gagahnya Gunung Api Purba yang bersebelahan lokasinya. Rute untuk menuju ke Embung Nglanggeran sudah cukup mudah dan sudah di aspal sehingga kamu bisa melakukan perjalanan nyaman baik dengan sepeda motor ataupun mobil. Namun karena lokasinya berada di puncak, kamu harus tetap hati - hati karena ada tanjakan dan turunan. Silahkan berkunjung ke Embung Nglanggeran untuk menikmati suasana alam yang indah, sejuk dan asri.


EmoticonEmoticon