Ngabuburit di Jogja sudah menjadi salah satu kegiatan seru yang selalu dilakukan untuk menunggu waktu buka puasa. Inilah yang membuat suasana Ramadhan di Jogja akan selalu terasa asik. Sebenarnya banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan. Mulai dari kegiatan ibadah yang sudah pasti kita lakukan, sampai dengan kegiatan lain yang membuat suasana Ramadhan semakin meriah. 
Ngabuburit di Jogja
Dan memang salah satu yang menjadi kegiatan rutin khususnya kaum muda di bulan Ramadhan adalah Ngabuburit atau jalan-jalan sekedar menunggu waktu berbuka puasa. Tidak berbeda dengan kota lainnya, kegiatan Ngabuburit di Jogja juga akan terlihat ramai di beberapa tempat diwaktu sore hari. Dengan bersama - sama teman, sahabat atau orang - orang tercinta maka suasana menunggu buka puasa terasa lebih menyenangkan. 

Nah, mungkin ada diantara kamu yang sedikit bingung untuk mencari tempat untuk Ngabuburit di Jogja yang  asik terlebih lagi yang baru pertama kali menjalankan ibadah puasa di Yogyakarta. Berikut ini adalah Tempat Ngabuburit di Jogja Paling Asik dan Banyak Dikunjungi di Bulan Ramadhan yang dapat kamu jadikan alternatif yang menyenangkan. Sebenarnya banyak sekali tempat-tempat yang seru dan asik untuk ngabuburit di Yogyakarta. Namun berikut ini adalah 5 daftar tempat yang paling populer dan terkenal yang sudah menjadi favorit di setiap bulan Ramadhan tiba. Silahkan kamu pilih mungkin yang peling terdekat dengan lokasi sekarang atau coba datang satu persatu selama bulan Ramadhan ini.

Tempat Ngabuburit di Jogja

Lembah UGM
Inilah pilihan pertama yang bisa kamu coba karena kawasan ini yang paling ramai diatara tempat ngabuburit lain di Yogyakarta. karena terletak pada sekitaran kampus UGM dan sangat dekat dengan masjid kampus UGM. Selama masa Ramadhan area lembah UGM berubah menjadi pasar tiban. Kebanyakan penjual disini adalah anak-anak muda, produk kulinernya kreatif. Area ngabuburit lembah UGM ini sangat cocok untuk menunggu waktu buka puasa. Tidak heran tempat ini bisa sangat ramai karena ketika diluar bulan Ramadhan, setiap hari minggu pagi lembah UGM juga berubah menjadi pasar untuk anak muda yang sering disebut SunMor (Sunday Morning).

Jalur Gaza
Tempat ini berada di sepanjang Jalan Nitikan. Mengapa diberi nama Jalur Gaza? ternyata ini adalah singkatan dari "Jajanan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zerba Ada". Unik bukan. Disini berbagai aneka makanan dan minuman menu buka puasa tersedia. Ada Es buah, kelapa muda, tahu borneo, pisang hijau, coro (makanan khas Jogja yang terbuat dari ketan), kolak, buah kurma, kue pukis serta sayur. Makanan kecil dan minuman harganya mulai dari Rp. 500 hingga Rp 5.000 untuk aneka lauk.

Kampung Ramadhan Jogokaryan
Kampung Jogokaryan terletak di daerah Mantrijeron. Seluruh kegiatan digelar di sepanjang jalan menuju masjid Jogokaryan. Di sini, kamu akan disuguhkan dengan berbagai kuliner dan juga sejumlah produk lain yang murni berasal dari hasil olahan masyarakat sekitar. Ada sekitar 200 pedagang yang aktif berjualan setiap hari di bulan Ramadhan. Masjid Jogokaryan Yogyakarta sendiri merupakan salah satu masjid dengan manajemen yang bisa menjadi acuan untuk masjid-masjid yang ada di Indonesia. Saat bulan Ramadan tiba, masjid ini juga menyediakan menu takjil yang berbeda-beda setiap harinya. Berbuka puasa disini akan terasa asik dan seru.

Jalan Kaliurang
Jalan Kaliurang inilah salah satu tempat yang cocok untuk ngabuburit. Karena kawasan ini juga ramai dengan PKL yang berjualan aneka kuliner khas Ramadhan. Jadi, tidak perlu takut untuk terlambat berbuka jika ngabuburit ke sini. Suasana yang asik dan seru akan terasa disini karena kamu akan bertemu dengan saudara seiman yang banyak dan sama-sama ngabuburit disini.

Masjid Kauman
Siapa yang tidak mengenal Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, masjid tertua yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I, dan merupakan persembahan khusus Sultan kepada kaum duafa. Masjid ini memiliki sebuah tradisi yang hadir setiap kali Ramadan tiba. Takjil khas yang menjadi tradisi beratus tahun itu akan hadir setiap hari Kamis yang berupa gulai kambing. Setiap tahunnya takmir masjid setiap hari menyediakan 600-700 porsi takjil untuk dibagikan kepada mastarakat. Luar biasa bukan? Biasanya warga Jogja menunggu waktu Maghrib sambil membaca buku-buku agama, berdzikir, bahkan diskusi keagamaan. Setelah shalat Maghrib biasanya warga melanjutkan dengan ibadah Tarwih berjamaah disini.
Itulah 5 alternatif Tempat Ngabuburit di Jogja Paling Asik dan Banyak Dikunjungi di Bulan Ramadhan yang dapat kamu coba bersama teman, keluarga dan orang-orang yang disayangi. Silahkan berpetualang satu persatu selama bulan Ramadhan ini sehingga suasana Ramadhan di Jogja akan terasa lebih seru dan menyenangkan.

1 komentar:

thanks infonya
yuk cek juga tempat paling tepat untuk ngabuburit dengan pemandnagan indah http://wikiwisata.com


EmoticonEmoticon