Candi Prambanan, mungkin jika wisatawan khususnya manca datang ke Jogja tidak akan melewatkan obyek wisata yang satu ini. Candi Prambanan atau juga disebut Candi Rorojonggrang merupakan salah satu candi Hindu yang terbesar di Indonesia dan bahkan juga di Asia Tenggara. Kemegahan bangunan dengan latar belakang cerita dan sejarah yang unik menjadi data tarik tersendiri dimata wisatawan yang datang ke Yogyakarta.
Jika melihat dari Prasasti Siwagrha, candi ini memiliki nama yaitu Siwagrha yang dalam bahasa Sanskerta berarti "Rumah Siwa" dan memang jika kita mengamati di candi ini memang terdapat Arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter di garbagriha atau ruang utama. Hal ini juga menunjukkan bahwa di Candi Prambanan ini dewa Siwa merupakan dewa yang paling diutamakan.

Sejarah Candi Prambanan

Candi Prambanan didirikan oleh Wangsa Sanjaya sekitar tahun 850 Masehi. Terdapat sebuah legenda yang berhubungan dengan sejarah berdirinya Candi Prambanan yaitu tentang kisah Rorojonggrang. Pada waktu itu ada seorang lelaki bernama Bandung Bondowoso yang mencintai Rorojonggrang. Namun Rorojonggrang memberikan sebuah syarat yang cukup berat yakni Bandung Bondowoso harus mampu membangun candi dengan 1000 arca hanya dalam waktu semalam saja. Demi cintanya maka Bandung Bondowoso menyanggupi syarat tersebut dengan meminta bantuan tentara jin (makhluk halus) yang sebenarnya sudah hampir selesai. Namun pekerjaan tersebut tidak dapat diselesaikan karena Rorojonggrang meminta bantuan kepada warga untuk menumbuk padi dengan tujuan supaya ayam jantan berkokok dan seolah sudah mulai pagi.

Tentu saja mendengar suara ayam jantan berkokok para tentara jin mengira sebentar lagi pagi dan segera berhenti membangun candi tersebut sehingga hanya berhasil dibangun 999 arca saja. Bandung Bondowoso marah karena mengetahui kecurangan yang dilakukan oleh Rorojonggrang, dan kemudian untuk membuatnya genap mejadi 1000 maka dikutuklah Rorojonggrang menjadi arca sebagai pelengkap.

Lokasi Candi Prambanan

Candi Prambanan berada di Kecamatan Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini sebenarnya juga masuk dalam dua kabupaten dan dua provinsi sekaligus. Yaitu Kabupaten Sleman Provinsi DIY dan Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah. Tempatnya sangat mudah dijangkau, yaitu cukup dengan arah Jogja - Solo nanti akan Anda temui di sebelah kiri jalan (dari arah Jogja). Tiket masuk ke Candi Prambanan cukup murah yaitu hanya dengan Rp. 8000,- saja. Namun khusus untuk wisata manca akan dikenakan biaya sebesar $10. 

Candi Prambanan yang pada tahun 1991ditetapkan sebagai cagar budaya dunia Oleh UNESCO ini memiliki ketinggian 47 meter. Disini juga terdapat relief di dinding - dindingnya yang menceritakan tentang kisah Ramayana. Jadi jika Anda ingin mengetahui kemegahan dan keunikan wisata populer di Indonesia dan Dunia ini maka silahkan untuk berkunjung ke Candi Prambanan.


EmoticonEmoticon