Sompil adalah makanan / kuliner khas Gunungkidul yang memang belum banyak orang yang mengetahuinya. Jika warga Jogja khususnya Gunungkidul mengenal yang namanya Sompil adalah keong yang sering dijumpai di sawah, namun berbeda dengan kuliner di Festival 1001 Sompil ini adalah makanan yang menyerupai opor. Dan diharapkan dengan Festival 1001 Sompil di Patuk Bersama Bupati Gunungkidul ini akan mengingatkan kembali akan kuliner khas Gunungkidul yang sudah mulai dilupakan tersebut.
Festival 1001 Sompil di Patuk
Festival 1001 Sompil di Patuk yang diadakan pada hari Minggu, 24/4/20016 kemarin ternyata cukup mengundang antusias baik dari warga Gunungkidul sendiri maupun dari luar kota. Mereka datang karena penasaran ingin mencicipi makanan yang diberi nama Sompil tersebut. Dalam acara tersebut pengunjung dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 5.000,- yang nantikan dapat ditukarkan dengan seporsi Sompil.

Ibu Hj. Badingah, S.Sos selaku Bupati Bantul memberikan sambutan sekaligus membuka Festival 1001 Sompil di Patuk. Setelah selesai memberikan sambutan kemudian Bupati Bantul tersebut mengajak semua pengunjung yang hadir untuk makan Sompil bersama - sama dengan menggelar tikar ditengah - tengah lokasi Festival. Suasana kekeluargaan yang sangat terasa kental antara warga dan Bupati ketika bersama - sama mencicipi Sompil. Menu Sompil sendiri adalah nasi semacam lontong yang dibungkus dengan daun pisang berbentuk segitiga dilengkapi dengan sayur kuah, tempe bacem, tahu bacem dan juga kerupuk. Rasanya yang nikmat dan tidak terlalu pedas, dan yang pasti akan membuat perut terasa kenyang dengan hanya satu porsi saja.
Sompil Kuliner Gunungkidul
Lihat Video Festival 1001 Sompil di Patuk by Anto JL

Tidak hanya untuk sekedar mencicipi Sompil kuliner khas Gunungkidul, tapi dalam event Festival 1001 Sompil di Patuk tersebut juga menampilkan pertunjukan kesenian Jathilan yang cukup menghibur semua pengunjung yang datang. Di sekitar lokasi juga banyak pedagang yang menawarkan berbagai makanan dan menuman seperti Dawet, Bakso Tusuk, Es Jus dan lainnya. 


EmoticonEmoticon