Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang menjadi kebanggaan Indonesia. Kemegahan bangunannya dengan arsitektur yang luar biasa menjadikan banyak peneliti dunia yang berusaha untuk mengungkapnya. Namun hingga saat ini pembangunan tersebut masih menjadi misteri pasalnya di abad ke 7 manusia belum mengenal ilmu arsitektur namun ternyata Candi Borobudur yang diperkirakan dibangun pada tahun 750 Masehi ini sudah dengan perhitungan arsitektur yang luar biasa.
Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan bangunan umat Budha yang sampai kini masih aktif digunakan untuk ziarah keagamaan dan juga memperingati hari besar seperti Trisuci Waisak. Keunikannya membuat wisatawan yang singgah di Jogja tertarik untuk mengunjungi obyek wisata populer di Jawa Tengah ini. Bangunan yang oleh UNESCO ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia ini ditemukan lokasinya oleh HC Cornelius atas perintah Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814.

Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur memiliki stupa dengan jumlah 72 buah dengan 1 stupa terbesar berada di tengah dan yang lain mengelilinginya hingga ke bawah. Menurut penelitian, Candi Borobudur diperkirakan dibangun pada tahun 750 Masehi. Bangunan ini merupakan peninggalan kerajaan Dinasti Sailendra dengan pemerintahan Raja Samaratungga dari kerajaan Mataram Kuno. Diperkirakan nama Borobudur ini disebut oleh Sir Thomas Stamford Raffles dari kata Bore dan Budur. Bore adalah sebuah desa di lokasi tersebut sedangkan Budur berarti purba.

Mengenai cara pembangunan Candi Borobudur yang unik ini juga masih menjadi teka - teki hingga saat ini meskipun banyak peneliti dunia yang mencoba untuk mengungkapnya. Mulai dari perhitungan arsitektur yang bisa dibilang canggih sementara di abad ke 7 manusia sebenarnya belum mengenal yang namanya arsitektur hingga dari mana asalnya batu - batu tersebut. Ada yang memperkirakan jika batu - batu tersebut berasal dari Gunung Merapi, namun timbul pertanyaan bagaimana cara membawanya masa itu mengingat ukurannya, beratnya dan juga jaraknya.

Sama seperti Candi Prambanan yang memiliki relief cerita Ramayana, di Candi Borobudur juga terdapat relief namun dengan kisah Mahabarata. Jika Anda berkunjungi kesini dan penasaran dengan cerita yang ada di dalam relief tersebut akan ada gaet yang akan menceritakannya untuk Anda.

Lokasi Candi Borobudur

Candi Borobudur berada di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Jika Anda berangkat dari arah Yogyakarta silahkan menuju arah Muntilan kemudian belok kira di pertigaan Muntilan Borobudur. Dari sini Anda akan langsung menuju ke lokasi dengan mudah dan juga terdapat papan petunjuk.


Tiket masuk ke Candi Borobudur saat ini adalah sebagai berikut: Untuk lokal umur diatas 6 tahun adalah Rp. 30.000,- dan dibawah usia 6 tahun adalah Rp. 12.500,- sedangkan untuk wisatawan manca adalah $20 untuk usia diatas 6 tahun dan $10 untuk usia dibawah 6 tahun.


EmoticonEmoticon