Telaga Biru Semin Gunung Kidul adalah salah satu dari sekian banyak wisata alam di Jogja yang baru dan semakin banyak dikunjungi. Pesona alam di bukit kapur daerah Semin Gunung Kidul Jogja ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Warna air yang hijau kebiruan yang terkadang juga bisa terlihat seolah memiliki warna berbeda-beda juga ini sangat menakjubkan dan terlihat sangat unik.

Telaga Biru Semin Gunung Kidul

Sebenarnya lokasi wisata Telaga Biru Semin Gunung Kidul ini adalah sebuah bukit kapur seperti kebanyakan di daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Namun karena bukit kapur ini dijadikan tambang maka terbentuklah lubang-lubang yang menyerupai kolam yang di daerah Wonosari sendiri sering disebut dengan telaga atau tlogo. Ketika di musim hujan telaga-telaga tersebut kemudian terisi air dengan sendirinya dan berwarna hijau kebiruan. Karena warna air inilah kemudian lokasi ini diberi nama Telaga Biru oleh warga sekitar.

Disini terdapat 4 kolam atau telaga yang terisi air, biasanya dimanfaatkan untuk sekedar selfie atau terkadang juga dimanfaatkan untuk mandi oleh anak-anak sekitar lokasi Telaga Biru Semin Gunung Kidul ini. Yang dapat Anda nikmati disini tentu saja sebuah pemandangan alam yang menakjubkan serta udara yang masih segar karena berada di atas perbukitan. Dan untuk menambah kenyamanan setiap wisatawan yang datang, saat ini pemerintah desa dan kecamatan sedang berusaha membuat desain dan penataan di lokasi Telaga Biru Semin Gunung Kidul agar lebih layak untuk dijadikan salah satu tujuan tempat wisata di Jogja.

Lokasi Telaga Biru Semin Gunung Kidul

Wisata Telaga Biru Semin Gunung Kidul ini berada di: Dusun Ngemplak Desa Candirejo Kecamatan Semin Gunung Kidul Yogyakarta. Berjarak sekitar 30 km dari Kota Wonosari. Jika dari arah kota Yogyakarta Anda bisa melalui dua jalur sebagai berikut:
  • Jl wonosari - Patuk - Wonosari - Karangmojo - Semin- Watu Kelir. Dan sesampai disini nanti dipinggir jalan raya akan Anda temui tulisan petunjuk arah ke Telaga Biru. 
  • Jl Solo - Prambanan - Klaten - Cawas - Semin - Watu Kelir, nanti di pinggir jalan raya sudah ada tulisan arah ke telaga biru.
Wisata Indah Lainnya:

Waktu yang cocok untuk menikmati suasana alam di disini adalah di pagi hari atau di sore hari. Anda bisa menikmati pemandangan telaga dari atas tebing kapur, berfoto-foto, atau juga bisa melihat indahnya sunset dan sunrise di Wisata Telaga Biru Semin Gunung Kidul.


EmoticonEmoticon