Kamu suka dengan air terjun? Nah untuk yang berada di Jogja, kamu bisa explore wisata di Kulon Progo karena kabupaten ini memiliki banyak air terjun yang indah. Dan berikut ini adalah Taman Sungai Mudal, Wisata Air Terjun Terindah di Kulon Progo. Karena memang menurut dinas pariwisata Kulo Progo wisata inilah yang terbaik dari air terjun lainnya.
Taman Sungai Mudal Kulon Progo
Taman Sungai Mudal merupakan air terjun yang cukup deras dan terdiri beberapa tingkatan sampai ke puncak taman tersebut. Disini terdapat sebuah goa atau lorong yang dulunya digunakan untuk mengairi sawah - sawah disekitar lokasi ini. Posisinya berada di paling puncak, dan kita bisa naik melewati tangga yang sudah dibangun serta jembatan bambu yang unik.

Di bawah mata air Taman Sungai Mudal tersebut terdapat sebuah genangan atau lubuk yang biasa digunakan untuk mandi dan bermain. Kemudian kira - kira berjarak 95 meter dari mata air ini bisa kita lihat air terjun yang sangat indah dan mungkin karena di waktu hujan jadi terlihat sangat deras. Nama air terjun indah ini adalah Air Terjun Mudal yang dulunya digunakan oleh mahasiswa UGM Yogyakarta untuk kegiatan Canyoning. Kemudian dibawah air terjun tersebut masih ada lagi beberapa lubuk atau kedung antara lain adalah: Bendung Pule, Kedung Wong, Kedung Luweng, Kedung Dowo, Kedung Rempelas, Kedung Awar - Awar dan Kedung Gedoya. Jadi berkunjung ke Taman Sungai Mudal ini kita akan banyak sekali melihat berbagai keunikan yang ada.

Di bagian atas atau puncak Taman Sungai Mudal juga telah dibangun sebuah taman dan berbagai fasilitas yang semakin dikembangkan oleh masyarakat. Jadi kita bisa bersantai di atas sambil menikmati pemandangan indah serta udara yang benar - benar sejuk dan asri. Fasilitas tersebut diataranya adalah: Tempat Duduk, Gazebo, Mushola, Rumah Payung, Toilet serta Kolam Pemandian. Sekali lagi banyak sekali hal seru yang dapat kita lakukan di sini termasuk untuk yang hobi fotografi atau sekedar selfie.

Lokasi Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Taman Sungai Mudal berada di Pedukuhan Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.  Kamu bisa melewati arah lampu merah Kenteng Kulon Progo lurus ke barat jika dari arah Kota Jogja. Dan selanjutnya lurus ikuti jalan aspal karena lokasinya memang sangat mudah ditemukan. Kendara yang dipakai bisa roda dua ataupun roda 4, namun harus tetap hati - hati karena jalannya naik turun dan berbelok - belok.
Sebaiknya jika kamu ingin ke Taman Sungai Mudal membawa perlengkapan ganti baju karena bisa dipastikan kamu tidak akan bisa menahan diri untuk bermain air disini. Tiket masuknya juga sangat murah yaitu 4ribu / orang dan parkir 2ribu. Di dekat parkin juga terdapat sebuah warung jika kita ingin duduk - duduk bersantai sambil ngopi atau makan. Jadi jika kamu menyukai wisata alam khususnya air terjun silahkan untuk berkunjung ke Taman Sungai Mudal.

1 komentar:

artikelnya bagus, ijin share di https://ksmtour.com ya, terima kasih


EmoticonEmoticon