Gerhana Matahari 2016 yang akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 menjadi salah satu moment yang ditunggu karena banyak yang penasaran ingin menyaksikannya. Gerhana Matahari di Jogja, menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Yogyakarta  akan terjadi sebesar 83%. Jadi untuk yang berada di wilayah Jogja tetap bisa menyaksikannya meski hanya sebagian saja.

Gerhana Matahari Total 2016

Menurut informasi, Gerhana Matahari Total 2016 ini akan mulai terjadi dari Palembang, Bangka Belitung, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate dan Halmahera. Namun jangan khawatir karena ada juga sejumlah daerah lain di Indonesia yang juga dapat menyaksikan gerhana matahari meskipun hanya sebagian. Antara lain daerah terbut adalah Kota Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado, dan Ambon. Termasuk di Jogja juga dapat menyaksikan Gerhana Matahari 2016 meskipun sebagian.

Menurut Tony Agus Wijaya Kepala Stasiun Geofisika BMKG Daerah Istimewa Yogyakarta, Gerhana Matahari 2016 akan terjadi mulai pukul 06.20 hingga 08.35 WIB. Ada dua Lokasi Nonton Bareng Gerhana Matahari Total 2016 di Jogja yang dapat kita datangi untuk bisa menyaksikan salah satu fenomena keajaiban alam ini. 

Lokasi untuk Nonton Bareng Gerhana Matahari di Jogja

Yang pertama, nonton bareng Gerhana Matahari 2016 ada di perempatan Tugu Jogja. Acara nobar Gerhana Matahari yang diadakan oleh pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika bekerjasama dengan Pemkot Yogyakarta serta Taman Pintar ini akan menyediakan enam teropong untuk melihat gerhana matahari dengan aman. Selain itu agar semua dapat menyaksikan, juga disediakan layar lebar sehingga kita biso menonton dengan bersama-sama.

Yang kedua, berada di kawasan Masjid Gede Kauman Yogyakarta. Disini, dari pihak JAC telah menyiapkan 100 relawan untuk memandu masyarakat yang ingin menyaksikan Gerhana Matahari 2016. Tim yang bernama Laskar Gerhana Matahari ini akan menyiapkan perlengkapan seperti kacamata dan alat proyeksi. Nantinya juga akan sekaligus diadakan shalat gerhana berjemaah pada pukul 07.45 WIB di Masjid Kauman.

Jadi untuk Anda yang sedang berada di kota Yogyakarta tidak perlu khawatir karena meskipun tidak total tapi tetap dapat menyaksikan keajaiban Gerhana Matahari 2016.


EmoticonEmoticon