Kebun Teh Nglinggo adalah tempat wisata alam sekaligus perkebunan teh satu - satunya di Jogja. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan daun teh yang segar dan hijau bersama sejuknya udara di atas perbukitan Kulon Progo ini. Kebun Teh Nglinggo adalah kebun percontohan dari PT. Pagilaran, sebuah perusahaan Perkebunan Teh yang dikembangkan dan dikelola oleh Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Kebun Teh Nglinggo
Lalu apa saja yang bisa Anda lakukan di Kebun Teh Nglinggo? Tentu saja menikmati panorama alam yang indah dan luas, dan sesekali Anda dapat melihat petani yang hendak memetik daun teh. Di atas bukit dengan ketinggian 800 m dpl ini Anda juga dapat melihat pemandangan lain seperti pedesaan / perkampungan yang terlihat di bawah, hutan pinus dan juga hamparan hijau yang bertumpuk-tumpuk di perbukitan tersebut. 

Selain itu, jika Anda ingin berjalan - jalan Kebun Teh Nglinggo ini juga telah disediakan lahan kebun teh yang dapat dijelajahi. Anda bebas untuk berjalan-jalan, berfoto selfie atau melihat-lihat segarnya pucuk-pucuk pohon Teh yang hijau. Namun jangan sampai karena keasikan sampai merusak pohon - pohon teh dan bahkan sampai merusak fasilitas yang ada atau malah membuang sampah sembarangan hingga terlihat kotor. Dan yang menarik adalah karena Desa Nglinggo ini juga merupakan sebuah Desa Wisata, maka banyak hal yang dapat Anda kerjakan disini yaitu belajar tentang pertanian, peternakan kambing, atau seni seperti tari lengger, jathilan sampai dengan mencoba belajar membuat topeng, dan juga membatik.

Lokasi Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo berada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta. Jika Anda mengambil arah dari kota Jogja maka rutenya adalah sebagai berikut: Jl. Godean - Pasar Godean - melewati Sungai Progo - lampu merah Kenteng belok kanan - Ndekso (ada tugu di tengah jalan) - belok kiri ke Jl. Samigaluh - Kantor Kecamatan Samigaluh - Kantor Polisi - Pasar Samigaluh - Desa Wisata Nglinggo (belok kanan) - naik ke kurang lebih 2 km dan sampai di Kebun Teh Nglinggo. Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi atau motor karena jalannya naik turun.
Untuk fasilitas di Kebun Teh Nglinggo sudah cukup lengkap yaitu meliputi: tempat pertemuan berkapasitas 100 orang, toko jajanan, kedai kopi dan teh untuk bersantai, parkir, area bumi perkemahan, homestay. Jadi Anda juga bisa menginap disini dan menikmati segarnya suasana malam dan pagi di Kebun Teh Nglinggo.


EmoticonEmoticon