Kampung Prawirotaman adalah salah satu kawasan di jalan parangtritis Jogja yang sudah sangat populer dan identik dengan wisatawan khususnya manca. Prawirotaman memang bisa disebut kampung turis atau rumah kedua bule yang singgah di Jogja. Karena memang sebagian besar yang berada di penginapan - penginapan disini adalah turis manca.
Kampung Prawirotaman
Selain terkenal dengan banyaknya penginapan yang nyaman, disini juga terdapat cafe - cafe atau tempat nongkrong yang asik. Tidak hanya anak muda dari Jogja ataupun luar kota, bule - bule juga akan sangat banyak ditemui di cafe - cafe Kampung Prawirotaman ini dimalam hari. Suasanya memang santai dan asik ketika nongkrong di kawasan ini, juga terdapat live music yang bisa Anda nikmati di beberapa cafe.

Percaya atau tidak, Kampung Prawirotaman ini sudah cukup populer di negara Eropa dan Amerika khususnya untuk mereka yang memang suka berpetualang ke negara lain. Ada alasan unik mengapa bule - bule ini sangat suka dan betah berada disini. Menurut mereka, suasana di Prawirotaman termasuk kuliner yang ada memang mirip dengan daerah mereka tinggal jadi serasa berada di rumah sendiri. Selain itu karena disini orangnya ramah - ramah dan juga lancar dengan bahasa Ingris sehingga sangat mudah untuk berkomunikasi serta mendapatkan teman baru. Memang selain desain interior cafe yang bernuansa barat, hidangan yang disajikan disini juga cukup lengkap termasuk jenis masakan Eropa dan lainnya.

Sejarah Kampung Prawirotaman

Sejarah unik Kampung Prawirotaman ini mulai pada abad ke 9 sewaktu salah satu abdi dalem yang bernama Prawirotomo diberi hadiah sebidang tanah oleh Sultan Yogyakarta dimasa itu. Selanjutnya Prawirotaman ini berkembang baik fungsi dan juga bisnis yang ada didalamnya. Jika dimasa perjuangan tempat ini dijadikan tempat berkumpul para pejuang kemerdekaan, maka setelah Indonesia merdeka Prawirotaman menjadi kampung Batik Cetak yang dikerjakan oleh keturuan - keturuan Prawirotomo. Dan selanjutnya sampai saat ini berkembang lagi dengan banyaknya bisnis penginapan serta cafe - cafe disekitar kawasan ini.

Di Kampung Prawirotaman yang hanya berjarak 5km dari Kota Jogja ini Anda dapat menemukan berbagai toko pernak - pernik, penginapan, cafe dan fasilitas lainnya dengan mudah. Tarif penginapan di Prawirotaman juga sangat terjangkau mulai dari 50ribu sampai 300ribu tergantung fasilitas yang Anda inginkan. Jadi jika Anda ingin lebih mengenal sisi unik dan legendaris kota Jogja maka Anda perlu untuk berkunjung ke Kampung Prawirotaman.


EmoticonEmoticon