Kawasan Bebas Rokok di Yogyakarta. Di Indonesia saat ini sudah ada beberapa Desa yang melarang warga atau siapapun merokok di wilayah tersebut. Dan ternyata salah satu diantaranya adalah Desa Ngunut Gunung Kidul Yogyakarta. Tentu saja menjadi salah satu kebanggan tersendiri jika ternyata di Jogja sudah mulai ada kawan bebas rokok seperti ini.

Kawasan Bebas Rokok di Yogyakarta, Desa Ngunut Gunung Kidul

Jika kita memasuki wilayah Desa Ngunut, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul yang sudah mendeklarasikan sebagai Kawasan Bebas Rokok di Yogyakarta ini maka Anda akan di sambut sebuah gapura dengan tulisan "Kawasan Dilarang Merokok". Dan jika Anda ternyata dengan sengaja ataupun tidak menyalakan rokok diwilayah tersebut maka dengan otomatis Anda akan mendapatkan teguran dari warga sekitar.

Gagasan sebagai Desa Bebas Rokok ini dimulai sejak tahun 2009 oleh Pak Rubiyo sebagai Kepala Dusun Ngunut Tengah yang diundang untuk mengikuti kegiatan kampanye Anti Rokok di Tingkat Kecamatan Playen. Setelah mengikuti kegiatan tersebut kemudian Pak Rubiyo melakukan pendekatan dengan tokoh-tokoh yang ada di Desa Ngunut maupun Tokoh yang ada di Dusun Ngunut Tengah sendiri untuk mewujudkan Kawasan Bebas Rokok di Yogyakarta.

Kesepakatan Menjadi Kawasan Bebas Rokok di Yogyakarta

Setelah melakukan diskusi dan rembug warga akhirnya tercapailah sebuah kesepakatan dengan adanya 6 titik kawasan yang dilarang merokok di Desa Ngunut Tengah tersebut sebagai berikut:
  1. Dilarang merokok di rumah
  2. Dilarang merokok di pertemuan Dusun, RW, dan RT
  3. Dilarang merokok di Forum Pengajian dan Tempat Ibadah
  4. Dilarang merokok di Forum Jagong Bayi
  5. Dilarang merokok di depan Anak-Anak dan lingkungan sekolah
  6. Dilarang menyediakan Asbak di dalam rumah

Namun tentu saja untuk mewujudkan Desa Bebas Rokok di Desa Ngunut ini tidak hanya dengan perjanjian di atas kertas begitu saja. Pendekatan dan sosialisasi terus dilakukan sampai ke setiap rumah sekalipun agar benar-benar terwujud apa yang telah disepakati. Iklan melalui Radio Komunitas Dusun dan juga di pohon-pohon dengan tulisan "Hindari Asap Rokok" juga tetap dilakukan. Dan akhirnya pada tahun 2010,  Pak Rubiyo bersama 15 tokoh masyarakat mendeklarasikan bahwa Dusun Ngunut Tengah benar-benar sebagai Kawasan Bebas Rokok di Yogyakarta yang disaksikan oleh Wakil Bupati Badinga.

Hal ini tentu saja sebuah sejarah pencapaian yang luar biasa dan sangat baik untuk dicontoh dan diteladani. Ternyata sesuatu yang terlihat sulit jika dilakukan dengan sungguh akhirnya akan membuahkan hasil yang luar biasa seperti Desa Ngunut yang sampai sekarang berhasil menjadi Kawasan Bebas Rokok di Yogyakarta.


EmoticonEmoticon