Gua Rancang Kencono adalah salah satu wisata alam dengan sentuhan masa sejarah yang berada Gunung Kidul Yogyakarta. Berkunjung ke wisata ini Anda akan serasa menelusuri jejak prajurit Mataram karena memang menurut cerita gua ini dulunya dijadikan tempat berkumpul oleh prajurit Mataram untuk menyusun strategi penyerangan.

Gua Rancang Kencono

Seperti yang diceritakan dalam sebuah buku Legenda dan Budaya Desa Bleberan bahwa dulunya Gua Rancang Kencono ini ditemukan oleh dua orang prajurit Mataram yang bernama kyai Putut Linggo Bowo dan Kyai Soreng Pati pada tahun 1720. Pada mulanya gua ini hanya dijadikan tempat untuk beristirahat, namun kemudian dijadikan pula sebagai tempat untuk berkumpul dan menyusun strategi.

Di dinding - dinding Gua Rancang Kencono ini Anda akan melihat banyak sekali stalaktit dan stalakmit, hanya saja sudah kering dan tidak meneteskan air lagi seperti gua pada umumnya. Ukuran gua ini cukup lega yaitu seluas 20m x 20m yang ketinggian 12 meter. Disini sering digunakan untuk sarasehan, camping dan kegiatan lainnya. Di depan mulut gua terdapat pohon Klumpit yang besar dan tinggi. Pohon ini oleh warga sekitar diperkiran sudah berumur sekitar lebih dari 2 abad. Suasana di dalam gua juga tidak gelap karena masih ada sinar matahari yang bisa masuk ke dalam. Setelah Anda masuk ke dalam gua, akan terlihat lorong - lorong lagi yang berukuran agak kecil. Salah satu pintu lorong tersebut hanya bisa dimasuki oleh Anda yang berbadan sedikit kurus / tidak gendut, dan di dalamnya terdapat ruangan lagi seluas 5 x 6 meter. Terdapat juga ruangan dengan ukuran 3 x 3 meter yang menurut cerita dulunya digunakan untuk bertapa.

Lokasi Gua Rancang Kencono

Gua Rancang Kencono ini berada di Pedukuhan Menggoran II, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Anda bisa mengikuti dua rute seperti berikut:
  1. Jogjakarta - Piyungan - Patuk - Pertigaan Gading - Playen - Bleberan. 
  2. Jogjakarta - Imogiri - Panggung - Playen - Bleberan.

Wisata Menarik Lainnya di Gunung Kidul:
Sedangkan untuk biaya tiket masuk sangatlah murah. Hanya dengan Rp 3000,- / orang Anda sudah bisa menelusuri dua tempat wisata sekaligus yang berjarak kurang lebih 200 meter dari pos tiket. Anda bisa sekaligus berkunjung ke wisata Air Terjun Sri Gethuk dan juga ke Gua Rancang Kencana.


EmoticonEmoticon