Air Terjun Kedung Pedut menjadi salah satu wisata di Kulon Progo Yogyakarta yang banyak dicari. Bukan hanya karena panorama yang indah karena memang berada di tengah alam yang masih asri, namun ada keunikan tersendiri yaitu air yang memiliki dua warna putih jernih dan hijau tosca.

Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Nama Air Terjun Kedung Pedut ini berasal dari salah satu kolam dengan ukuran paling besar yang berada di lokasi ini. Selain kedung besar ini juga masih ada kedung kecil-kecil lainya yang mana sumber air tersebut semua berasal dari air terjun itu sendiri. Namun untuk yang hobi bermain air bisa berada di kedung yang besar karena yang kecil-kecil biasanya hanya digunakan untuk berfoto-foto saja.

Untuk dapat dengan nyaman menikmati suasana alam, disini sudah disediakan fasilitas seperti kursi-kursi, gardu pandang, jembatan, serta pancuran yang unik karena semua terbuat dari bambu. Keunikan Air Terjun Kedung Pedut yang paling menonjol dan banyak dibicarakan adalah tentang airnya yang memiliki dua warna yaitu putih jernih dan hijau tosca. Hal itu bisa kita lihat secara langsung ketika berkunjung ke wisata ini. Warna putih jernih berada pada kolam jatuhnya air, tentu saja ini dikarenakan memang kondisi alam sangat baik. Sedangka warna hijau tosca bisa kita temukan di kedung bagian bawah. Warna hijau tosca diyakini berasal dari endapan tanah atau batuan kapur yang berada di dasar kedung.

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Air Terjun Kedung Pedut ini berada di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Anda bisa melewati jalur berikut ini: Jalan Godean - Pasar Godean - Perempatan Nanggulan - Pasar Kenteng - Kecamatan Girimulya - Pasar Jonggrangan - Pertigaan Gua Kiskendo belok kiri - Pertigaan Grojogan Mudal belok kiri - Pertigaan Kembang Soka belok kiri - iku plang / papan petunjuk hingga ke lokasi.
Untuk tiket masuk wisata Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo adalah Rp 3.000,-/Orang, sedang biaya parkin untuk motor Rp 2.000,- dan untuk mobil Rp 5.000,-. Anda bisa sempatkan berkunjung ke tempat ini jika sedang berada di Yogyakarta karena disini akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dan meskipun bermain air seharian tidak akan membuat kulit kering atau mata perih karena kandungan airnya masih alami. Jika Anda mencari tempat wisata air terjun yang indah dan masih alami maka tujuan yang pas adalah ke Air Terjun Kedung Pedut.


EmoticonEmoticon