Ragam Kuliner Khas Jogja

Kuliner..hem..jika mendengar istilah yang satu ini pasti langsung bikin penasaran. Terlebih lagi untuk Anda yang punya hoby makan atau berburu kuliner. Nah, di Jogja selain banyak tempat wisata alam, wisata pantai dan lainnya, juga terdapat wisata kuliner yang bermacam-macam dan pasti sangat menggoda. Mau Tau Ragam Kuliner Jogja yang Unik dan Lezat? Cek Yuk, Dijamin Bikin Lidah Bergoyang.

Wisata kuliner di Yogyakarta, selain menyajikan menu-menu makanan berat juga banyak jajanan yang akan menggugah selera. Jadi Anda juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah Anda. Sebenarnya terdapat banyak sekali jenis kuliner di setiap daerah dan kabuten di Yogyakarta. Namun kali ini kami akan sajikan menu yang terpopuler dan paling banyak diminati oleh wisatan di Jogja. Berikut ini adalah beberapa kuliner dan jajanan khas Jogja yang menarik dan layak untuk dicoba.

Gudeg Jogja
Dibuat dari nangka muda atau bisa juga manggar kelapa, gula merah dan bumbu yang dimasak hingga berjam-jam. Gudeg dimakan bersama nasi dan lauk pelengkapnya untuk menetralisir rasa manis dari gudeg. Lauk yang selalu setia mendampingi gudeg adalah areh (santan kental) dan sambal krecek, tahu atau tempe, telur atau ayam tergantung selera.

Bakmi Jawa
Dimasak dengan racikan khas Jawa dan masih menggunakan cara tradisional yaitu masih menggunakan tungku tanah liat (anglo) dan api dari arang. Setiap pembeli bakmi jawa meskipun memesan dengan jumlah posri yang banyak, namun penjual bisanya membuatnya tetap satu persatu porsi menggunakan wajan yang kecil tidak diolah secara missal secara berbarengan. Hal tersebut akan menjaga rasa bakmi jawa sehingga tetap khas di lidah.

Sate Klatak
Apabila sate-sate yang lain dimasak dengan menggunakan bumbu yang beragam, maka sate klatak jogja hanya diberi bumbu garam dan dipanggang menggunakan jeruji besi. Sate ini kelihatan akan sangat sederahana namun kenyataanya sate ini banyak diincar wisatawan karena rasanya yang lezat.

Mangut Lele
Merupakan menu khas dari daerah Yogya - Solo dan Semarang - Kendal. Sesuai dengan namanya, komposisi utamanya adalah lele goreng, yang diberi bumbu mangut.

Masakan ini hanya berbahan dasar tetelan daging sapi, yang kemudian ditumis bersama bumbu-bumbu dan cabai halus yang takarannya satu setengah bahkan dua kali lipat dari tetelan daging sapi. Masakan ini benar-benar sangat pedas dan membuat seakan-akan mulut ini mau meledak saat memakan makanan ini. Namun Anda akan ketagihan setelah mencicipinya. ➽ BACA LENGKAP

Brongkos Jogja
Merupakan jenis makanan olahan sayur yang sangat khas bagi masyarakat Jawa Khususya di Yogyakarta karena Sayur Brongkos ini adalah menu tradisional yang khas warisan leluhur masyarakat Yogyakarta. Bahan dasarnya adalah seperti tahu, buncis, kacang merah dan lain-lain.

Bakpia Jogja
Terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Bakpia asal mulanya berasal dari daratan Tiongkok. Bakpia Pathuk adalah salah satu varian Bakpia yang berkembang di Yogyakarta Saat ini Bakpia Pathuk sudah menjadi salah satu makanan khas sekaligus oleh-oleh khas dari Yogyakarta.

Jadah Tempe
Makan yang terbuat dari ketan dan disajikan bersama dengan tempe yang dibacem atau digoreng. Rasanya cukup nikmat disajikan bersama teh anget dan lainnya.

Tiwul dibuat dengan bahan utama adalah Singkong atau Ketela Pohon yang telah dikeringkan / dijemur dan lebih dikenal dengan nama Gaplek. Namun seiring dengan perkembangan jaman dan juga moderenisasi di daerah Gunung Kidul Yogyakarta, saat ini Tiwul bukan lagi menjadi makanan pokok sebagai pengganti nasi. ➽ BACA LENGKAP


Cethil
Cethil merupakan makanan tradisonal Jawa yang terbuat dari tepung tapioka. Biasanya dibuat berwarna merah muda. Cara penyajiannya dengan ditaburi parutan kelapa. Makanya rasanya manis dan gurih. Penyajiannya dengan ditaruh di sebuah tempat, yang bentuknya kecil terbuat dari daun pisang. 

Gatot
Gatot adalah makanan yang terbuat dari gaplek atau ketela yang sudah dikeringkan sama dengan tiwul. Gatot biasa dikonsumsi untuk menemani minum teh atau kopi. Dahulu gatot sering di hidangkan untuk para tamu yang berkunjung di daerah gunungkidul ataupun untuk konsumsi sendiri.

Geplak Jogja
Geplak adalah makanan khas kota Bantul yang terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir atau gula jawa, yang rasanya manis. Jika di Betawi maka geplak dengan tambahan bahan berupa tepung beras dan daun jeruk purut. Terdapat juga geplak yang dibuat dari waluh.

Tempe Benguk
Tempe benguk merupakan salah satu kuliner khas Kulon Progo. Olahan ini dibuat dari kacang benguk atau kacang koro, jenis kacang-kacangan yang berukuran lebih besar dari kacang kedelai. Selain dibumbui bawang putih dan ketumbar lalu digoreng, tempe ini sering kali diolah dengan cara disengek. “Sengek” merupakan salah satu cara mengolah tempe benguk yang paling populer.

Sup Kembang Waru
Sup kembang waru biasanya sering disajikan saat acara-acara tertentu seperti acara pernikahan di Yogyakarta. Walaupun namanya sup waru, akan tetapi bukan berarti sup ini dicampurkan dengan kembang waru sebenarnya. Sup bening ini biasa diisi dengan wortel, buncis, tetelan daging atau ceker ayam dan siomay berbentuk mirip seperti kembang waru. yang berisi adonan daging yang gurih. Anda bisa menemukannya di lantai dua bagian tengah bangunan di food court pasar beringharjo Yogyakarta.

Kipo
Kipo terbuat dari adonan tepung ketan yang dibentuk bulatan pipih dan diberi isi enten-enten (parutan kelapa yang dimasak dengan gula jawa).


Itulah berbagai ragam kuliner dan jajanan khas Jogja yang menarik dan unik. Anda dapat melihat detail foto-foto dan juga lokasi mana saja yang menjualnya KLIK DISINI. Jangan lupa untuk membaca info-info YogyaLagi Dotcom yang lainnya. Terimakasih.


EmoticonEmoticon