Wisata Sejarah Situs Payak Yogyakarta
Wisata Sejarah Situs Payak Yogyakarta yang menurut para ahli arkeologi dikatakan sebagai pertirtaan atau bangunan pemandian atau penempatan air suci pada masa lalu ini ditemukan pertama kali pada tahun 1970-an oleh para pembuat batu bata. Kemudian ditangani oleh BP3 Yogyakarta pada tahun 1981.

Situs Payak ini berbentuk U dan ditemukan di dalam tanah. Bangunan tersebut berupa kolam dari batu putih dengan ukuran kolam panjang 312 cm dan lebar 124 cm. Sedangkan susunan batu putih menghadap tenggara berukuran 624 x 490 cm. Di Situs Payak ini juga terdapat arca Siwa yang kini telah dipindah ke kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta. Namun karena bentuk bangunan ini kotak dan lahan kosong di sekitarnya, ada juga yang menduga bahwa Situs Payak ini merupakan bagian kecil dari candi perwara yang biasanya berjumlah 3 dan berukuran lumayan besar.

Meskipun situs ini hanya berupa sisa-sisa peninggalan saja, namun jika Anda menyukai sejarah maka Wisata Sejarah Situs Payak Yogyakarta ini cukup menyenangkan untuk dikunjungi. Ada keunikan dari situs ini yakni berada di kedalam 4,5 m dibawah permukaan tanah. Ada kemungkinan dulunya tertimbun karena adanya letusan gubung berapi.
Meski hanya penemuan yang tergolong sedikit, namun tempat bersejarah ini cukup terawat, bersih, dan rapi sehingga Anda akan merasa nyaman untuk bersantai disini. Bahkan ada beberap seniman yang menggunakan Wisata Sejarah Situs Payak Yogyakarta sebagai latar apresiasi berkesenian karena memang bentuknya yang unik.

Lokasi Situs Payak Yogyakarta
Situs Payak ini berada di Jl. Wonosari, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792. Anda bisa melalui Jalan Yogya-Wonosari Km 12. Nantinya akan ada sebuah jalan kecil sebelah selatan jalan sebelum Puskesmas Piyungan. Telusuri jalan tersebut sekitar 200 meter hingga menemukan pagar yang terbuat dari tanaman dan dilindungi kawat berduri.

Disini buka setiap hari jam 08.00 - 17.00 WIB. Dengan berkunjung ke Situs Payak ini berarti kita juga ikut melestarikan dan menghormati sejarah di Indonesia. Dan di daerah ini selain mengunjungi situs Anda juga bisa menikmati suasana alam yang indah dan asri di sekitarnya. Selamat berwisata


EmoticonEmoticon