Wisata Petilasan Ki Ageng Mangir Bantul Yogyakarta
Wisata sejarah yang menarik untuk ditelurusi salah satunya adalah tentang sejarah jaman kerajaan. Salah satunya adalah Wisata Petilasan Ki Ageng Mangir Bantul Yogyakarta. Peninggalan yang masih tampak terpelihara di Petilasan Ki Ageng Mangir ini antara lain berupa batu persegi dengan ukuran 1x1 meter yang dipercaya sebagai dhampar/singgasana Ki Ageng Mangir serta petilasan lingga yoni.

Area Petilasan Ki Ageng Mangir ini berbentuk semacam kantung, dikelilingi oleh rumah penduduk, dengan pelataran cukup luas. Petilasan Ki Ageng Mangir berupa sebidang tanah di bawah sebuah pohon besar tinggi. Sedangkan Lingga Yoni mangir berada di dalam halaman yang dikelilingi tembok bata merah yang cukup luas. Ketika sudah memasuki halaman akan terlihat sebuah bangunan persegi dua tingkat yang juga terbuat dari susunan bata merah. Dihubungkan oleh undakan/tangga pada tingkat atas terdapat tiga buah pelinggih. Jika ditemuh dari Petilasan Ki Ageng Mangir untuk menuju Situs Lingga Yoni Mangir ini bisa berjalan kaki memutar berjarak keduanya memanjang menjadi 400 m.

Selain itu, di Wisata Petilasan Ki Ageng Mangir Bantul Yogyakarta juga terdapat peninggalan di yakni sebuah batu umpak berukuran cukup besar di bawah pohon tua, ditutup dengan kotak kaca tembus pandang yang sayangnya sudah terlihat kusam dan kotor karena kurangnya perawatan. Jika mengikuti cerita tentang Ki Ageng Mangir sendiri memang cukup menarik. Yaitu tentang kisah asmaranya yang terpikat dengan Rara Pembayun anak dari Panembahan Senapati yang menyamar sebagai waranggana atau sinden. Dari hubungan asmara tersebut kemudian melahirkan Trah Kalapaking. Namun ketika menghadap sebagai menantu, Ki Ageng Mangir tewas di tangan Panembahan Senapati sendiri dikarenakan beliau masih merupakan keturunan Majapahit dan tidak bersedia tunduk kepada Mataram serta lebih memilih menjadi penguasa di sebuah Tanah Perdikan merdeka yang kuat.

Lokasi Petilasan Ki Ageng Mangir
Wisata Petilasan Ki Ageng Mangir berada di dusun Mangir, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Dari kota Jogja dapat di tempuh melalui jalan Bantul menuju ke selatan. Sampai perempatan lampu merah pal bapang ambil kearah barat menuju jalan srandakan. Perjalanan masih di teruskan ke arah barad daya, sampai bertemu POM bensin di kanan jalan. Silahkan belok ke jalan kecil yang akan melewai persawahan. Mulai dari POM bensin tersebut, mulai lah banyak bertanya dengan penduduk sekitar karena memang tempatnya berada di pedalaman kampung.

Anda tidak akan merasa bosan berada di Petilasan Ki Ageng Mangir karena bisa melihat berbagai peninggalan masa kerajaan yang unik dan menarik. Juga dengan cerita yang menarik untuk diikuti. Silahkan berkunjung ke Wisata Petilasan Ki Ageng Mangir Bantul Yogyakarta.


EmoticonEmoticon