Situs Gua Sentono Yogyakarta
Satu lagi tempat wisata sejarah di Jogja yang menarik untuk ditelusuri yaitu Situs Gua Sentono Yogyakarta. Dari sekian tempat wisata di Yogyakarta yang memiliki nilai sejarah, gua ini juga memiliki cerita yang menarik untuk diikuti. Diduga Situs Gua Sentono Yogyakarta ini merupakan tempat pertapaan Hindu, karena didinding gua terdapat gambar atau relief para dewa agama hindu.

Situs Gua Sentono Yogyakarta adalah gua buatan dengan 3 mulut gua yang semuanya menghadap ke arah selatan. Masing-masing gua sebelah kiri dan kanan memiliki ukuran 2 meter dalamnya dengan ketinggian 1,5 meter dan lebar 1,7 meter. Kemungkinan situs ini berasal dari jaman mataram kuno. Sedangkan untuk waktu berdirinya Gua Sentono ini sampai sekarang belum dapat diketahui dengan pasti. Berdasar penelitian yang dilakukan Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Propinsi DIY disebutkan pendirian Gua Sentono tidak jauh berbeda dari masa pendirian Candi Abang yaitu 782M.

Pada bilik / curug di sebelah kiri, terlihat lingga dan yoni. Ukurannya 50 cm yang dipahat menyatu dengan batu gua. Pada sisi dinding gua, masing-masing terdapat dua relief manusia. Menurut penunggu alias juru kunci, ada beberapa tokoh wayang pada relief tersebut. Kemudian untuk bilik / curug sebelah kanan terdapat bekas berbentuk bujur sangkar di lanti gua dengan ukuran 60 x 60 cm. Pada bilik ini juga terdapat relief, namun jika dilihat gambar di dinding gua tersebut akan menyerupai kura-kura. Di atara kedua gua besar ini juga terdapat dinding gua yang juga terdapat lingga dan yoni. Keduanya merupakan pahatan menyatu dengan gua.

Lokasi Situs Gua Sentono Yogyakarta
Situs Gua Sentono berada di dusun Candi Abang, Jogotirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta. tepatnya berada di jalur menuju bukit candi abang. dan apabila anda ingin ke situs ini di harapkan menuju jalur jalan prambanan-piungan dan lihat plang hijau menuju candi abang.

Situs Gua Sentono Yogyakarta ini sangat unik dan menarik untuk dikunjungi. Anda akan melihat sebuah karya dara zaman dahulu yang asli dipahat menyatu dengan batu. Sebuah wisata sejarah yang bernilai karya dan pantas untuk Anda jadikan tujuan wisata di Yogyakarta.


EmoticonEmoticon