Situs Arca Gupolo Yogyakarta
Situs Arca Gupolo Yogyakarta merupakan salah satu dari sekian banyak situs peninggalan zaman dulu di Yogyakarta. Situs-situs ini memiliki sejarah yang melegenda selain penemuan lainnya seperti candi yang sampai saat ini menjadi obyek wisata populer di Jogja. 

Di Situs Arca Gupolo ini terdapat beberapa arca dengan kondisi yang tidak utuh lagi. Arca Gupolo yang paling dikenal adalah arca yang berdiri gagah dengan ukuran cukup besar yakni mencapai tinggi sekitar dua meter yang dijuluki AgastyaArca Agastya ini bisa terlihat jelas sedang menggunakan senjata trisula sebagai perlambangan dari dewa siwa. Selain itu juga terdapat 7 arca Dewa Hindu dalam posisi duduk namun sudah tanpa kepala lagi. Juga terdapat arca Ganesha berukuran 605 x 400 cm dan tebal 125 cm dalam keadaan yang sama.

Ada cerita / sejarah dari Arca Gupolo ini yang cukup unik dan sudah menyebar di masyarakat. Gupolo dulunya adalah seorang patih di kerajaan Ratu Boko. Patih Gupolo mengubur Bandung Bondowoso di sebuah sumur karna telah membunuh Raja Ratu Boko, namun karena kesaktiannya akhirnya Bandung Bondowoso bisa meloloskan diri bahkan berkeinginan menyunting Roro Jongrang, namun dengan peryarataan dari Roro Jongrang yakni membuat 1000 candi dalam semalam. Dan karena manipulasi dari rolo jongrang akhirnya semua niat Bandung Bondowoso gagal. Sumur tempat penguburan Bandung Bondowoso tersebut berada di kawasan hutan situs yang hingga kini masih ada dan dimanfaatkan oleh warga.

Selain itu juga acara cerita menurut tradisi Hindu sendiri, Maha Resi Agastya, adalah seorang resi yang sangat disegani. Dia memiliki kesaktian yang luar biasa dan seumur hidup karena laku tapa bratanya. Namanya ada di kisah Mahabharata dan Ramayana. Karena kebesaran dan kesucian Maha Resi Agastya, ia juga disebut sebagai Batara Guru, atau perwujudan Dewa Shiwa di dunia untuk mengajarkan dharma kepada manusia.

Lokasi Situs Arca Gupolo Yogyakarta
Situs Arca Gupolo  terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Letaknya berdekatan dengan Candi Ijo yang hanya berjarak satu kilometer saja.

Mengunjungi Situs Arca Gupolo Yogyakarta Anda akan melihat peninggalan sejarah yang luar biasa meskipun sudah dalam keadaan yang tidak utuh lagi. Anda akan mengetahui bahwa zaman dulu terdapat sebuah cerita kehidupan di tempat tersebut. Dan yang pasti Anda juga ikut melestarikan sejarah Indonesia. Selamat Berlibur.


EmoticonEmoticon