Situs Arca Bugisan Yogyakarta
Ada lagi wisata sejarah di Jogja yang sejak ditemukan memang sudah tidak lagi dalam keadaan utuh dan lengkap. Adalah Situs Arca Bugisan Yogyakarta yang juga sering disebut Arca Proliman. Disini terdapat 6 buah arca Budha berukuran besar duduk berjejer dan tidak dalam keadaan utuh sejak ditemukan.

Selain itu, di lingkungan Situs Arca Bugisan Yogyakarta ini juga terdapat beberapa batu yang tersebar diantara rumah warga dan area pemakaman. Batu-batu itu berupa makara, batu-batu polos, batu berelief, dan batu yang mirip stupa. Meskipun belum ada keterangan jelas tentang sejarah dan fungsi sebenarnya dari bekas candi tersebut, namun dapat disimpulkan jika dahulu kala terdapat bangunan candi Budha yang cukup besar. Sayangnya sampai dengan saat ini proses perbaikan candi ini belum dapat terselesaikan karena memang batu-batu temuan tersebut masih bercecer dan rata-rata dalam keadaan tidak utuh lagi. Bahkan dari 6 arca Budha tersebut hanya ada 1 arca saja yang masih memiliki kepala. Dan untuk artefak candi sendiri juga berbentuk pecahan-pecahan yang tersebar di beberapa tempat di lingkungan ini.

Lokasi Situs Arca Bugisan Yogyakarta
Situs Arca Bugisan berada di dusun Bugisan, Purwomartani, Kalasan, Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi situs, lebih mudahnya memakai patokan dari arah Prambanan menuju Kalasan. Sesampainya di daerah Proliman, cari gang pertama kemudian belok kiri. Selanjutnya jalan lurus sampai ada sebuah gang di kiri jalan berdampingan dengan area pemakaman.

Meskipun Situs Arca Bugisan Yogyakarta tidak lengkap dan hanya berupa puingan-puingan batu dan arca, namun jika Anda menyukai dan menghargai sejarah maka tempat ini juga layak untuk dikunjungi. Dan dengan berkunjung ke situs ini berarti Anda juga ikut melestarikan sejarah Indonesia.

1 komentar:

kalau boleh tau dimana saya bisa dapatkan informasi yang lebih tentang arca bugisan?


EmoticonEmoticon