Museum Dirgantara Mandala
Anda menyukai semua hal yang berhubungan dengan dunia penerbangan? Museum yang satu ini wajib untuk Anda singgahi. Museum Dirgantara Mandala, Koleksi TNI AU Terlengkap di Indonesia. Museum dengan area seluas lima hektar dan luas bangunan sekitar 7.600 m2 ini memamerkan benda-benda koleksi sejarah, antara lain : koleksi peninggalan para pahlawan udara, diorama, pesawat miniatur, pesawat terbang dari negara-negara Blok Barat dan Timur, senjata api, senjata tajam, mesin pesawat, radar, bom atau roket, parasut dan patung-patung tokoh TNI Angkatan Udara. Dulunya Museum Pusat TNI AU ini berlokasi di Jakarta, namun mengingat bahwa Yogyakarta adalah tempat kelahiran TNI AU maka museum pun dipindah ke kompleks Lanud Adisutjipto.

Museum Dirgantara Mandala terletak di dalam kompleks TNI Angkatan Udara Republik Indonesia, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. letaknya agak tersembunyi di dalam kompleks TNI AU , Akan tetapi akses menuju tempat ini sangatlah mudah. Karena hanya berjarak sekitar 200m dari jalan utama Janti (Ring Road timur) Jogjakarta. Dimana jalan ini banyak dilintasi oleh kendaraan umum, baik bus (antar kota maupun dalam kota) atau kendaraan umum lainnya. 

Sedangkan untuk jam buka Museum Dirgantara Mandala adalah hari Senin - Minggu dari pukul 08.30 – 15.00 WIB. Tiket perorangan sebesar Rp 3.000, jika rombongan (30 orang ke atas) Rp 2.000. Berhubung lokasinya di kompleks TNI AU, maka setiap wisatawan yang berkunjung wajib membawa identitas diri yang masih berlaku dan lapor kepada petugas jaga. Bagi rombongan yang ingin berkunjung ke museum ini bisa menghubungi pengelola museum di nomor 0274 484453.

Disini Anda dapat menyaksikan pesawat-pesawat dan benda sejarah dalam perjuangan TNI Angkatan Udara, sejak perang kemerdekaan sampai saat ini. Selain itu bisa dilihat pula diorama dari satelit Palapa dan kapal ruang angkasa Challenger, yang mengorbitkan satelit tersebut. Gedungnya sendiri dibagi menjadi enam ruang. Yaitu, RuangUtama, Ruang Kronologi I dan II, Ruang Alutsista, Ruang Paskhas, Ruang Diorama, dan Ruang Minat Dirgantara. Dan menariknya adalah, Anda akan diijinkan untk naik ke beberapa pesawat yang memang diijinkan untuk dinaiki.

Jika Anda menyukai sejarah-sejarah yang ada di Indonesia khususnya dibidang penerbangan, Anda wajib untuk berkunjung ke Museum Dirgantara Mandala, Koleksi TNI AU Terlengkap di Indonesia. Dapatkan berbagai wawasan sejarah Anda disamping untuk menikamati suasana liburan di Yogyakarta.


EmoticonEmoticon