Museum Affandi Yogyakarta
Jika Anda adalah orang yang menyukai dan senang dengan sesuatu yang bernilai seni, Maka tempat wisata Jogja yang satu ini sangat tepat untuk dikunjungi. Museum Affandi Yogyakarta, Koleksi Lukisan Sang Maestro Indonesia. Disini Anda akan dimanjakan dengan karya-karya terbaik dan bernilai tinggi dari seniman senior dan legendaris yaitu pelukis Affandi. Museum ini seperti potret keseharian dari Affandi. Memang, di sini berisi seluruh karya-karya sang maestro Affandi semasa hidupnya, karya-karya para pelukis lain, alat transportasi yang dipakainya dahulu, rumah yang ditinggalinya, hingga sebuah sanggar yang saat ini dipakai untuk membina bakat melukis anak. Kompleks museum terbagi menjadi empat buah galeri dengan isi dan penataan yang memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda.

Untuk masuk ke Museum Affandi ini pertama Anda harus masuk galeri I terlebih dahulu. Di sana terdapat hasil karya Sang Maestro Bapak Affandi sendiri. Selain lukisan-lukisan hasil karyanya, di Galeri I ini juga ada beberapa barang kesayangan peninggalan beliau, seperti mobil, sepeda, pipa rokok, dan beberapa baju kesayangannya. Selanjutnya Anda bisa masuk ke galeri II, galeri ini sebenarnya dikhususkan untuk memamerkan lukisan-lukisan karya Kartika Affandi. Namun, dalam perkembangannya, galeri ini digunakan sebagai ruang pamer koleksi lukisan museum dari beberapa pelukis kondang. Seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Hendra, Rusli, Fajar Sidik, S. Sujoyono, Barli, Wahdi S, Bagong Kusudiarjo, Mochtar Apin, dan pelukis lainnya. Galeri ini mempunyai 2 lantai yang pertama berisi lukisan-lukisan bersifat abstrak dan lantai kedua adalah lukisan bercorak realis.

Tiba di galeri selanjutnya yaitu galeri III yang selesai dibangun pada tahun 1997. Disini terpajang lukisan-lukisan terbaru Kartika Affandi yang dibuat pada tahun 1999. Lukisan itu antara lain berjudul: Apa yang Harus Kuperbuat (Januari 99), Apa Salahku? Mengapa ini Harus Terjadi (Februari 99), Tidak Adil (Juni 99), Kembali Pada Realita Kehidupan, Semuanya Kuserahkan KepadaNya (Juli 99), dan masih banyak lagi karya lainnya. Kemudian galeri yang terakhir adalah Galeri IV yaitu ruang pamer berbagai lukisan karya Didit, cucu Affandi. Galeri ini terlihat menarik dengan langit-langitnya yang terbuat dari anyaman bambu.

Disini juga terdapat sebuah sanggar tempat anak-anak belajar melukis yang berada di dekat galeri kedua dan ketiga, . Depan galeri kedua, ada mushola berbentuk gerobak. Selain itu juga terdapat sebuah cafe loteng yang sangat unik disediakan bagi pengunjung yang ingin beristirahat sejenak setelah lelah berkeliling. Mungkin ada yang belum Anda ketahui jika Museum Affandi ini adalah salah satu museum lukis di dunia dengan tempat penyimpanan terbaik. Bener - benar karya yang membanggakan nama Indonesia.

Lokasi Museum Affandi Yogyakarta
Museum Affandi terletak di  Jl. Laksda Adisucipto Nomor 167 Yogyakarta atau di pinggir sungai Gajah Wong. Museum ini menempati lahan seluas 3.500 m2, terdiri atas empat galeri beserta bangunan pelengkap seperti tempat pembelian tiket, dua studio, dan bangunan rumah tempat tinggal Affandi dan keluarganya.

Nah, benar-benar tempat wisata yang menarik bukan? Selain mengandung nilai seni yang tinggi, disini juga terdapat nilai sejarah yang luar biasa. Jika Anda berkunjung ke Jogja, maka ada baiknya jika Anda berkunjung ke Museum Affandi Yogyakarta, Koleksi Lukisan Sang Maestro Indonesia.


EmoticonEmoticon