Museum Benteng Vredeburg
Salah satu tempat wisata di Jogja yang paling populer dan memiliki nilai sejarah adalah Museum Benteng Vredeburg - Wisata Sejarah di Pusat Kota Jogja. Wisata Jogja yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk setiap pengunjung Malioboro, karena memang lokasinya berada di pusat kota Jogja tepatnya di Jalan Jenderal A. Yani No. 6 Yogyakarta. Jadi jika Anda sedang menikmati Wisata Belanja di Malioboro Yogyakarta, maka jika Anda berjalan sedikit ke arah selatan menuju titik 0 km Anda akan melihat Museum Benteng Vredeburg yang berada di timur jalan ini.

Benteng Vredeburg Jogja ini berbentuk bujur sangkar dan memiliki 4 bastion di setiap sudutnya yaitu: Jayaprayitna di sudut tenggara, Jayapurusa di sudut timur laut, Jayawisesa di sudut barat laut, dan Jayaprakosaning di sudut barat daya. Selain itu di Museum Benteng Vredeburg terdapat museum di mana kita bisa belajar tentang sejarah Indonesia dalam bentuk diorama yang menarik. Tentu dengan adanya Diorama Benteng Vredeburg ini Anda bisa lebih mudah dan bisa merasakan suasana di waktu itu. Disini juga terdapat gambar-gambar dan dan juga benda-benda peninggalan zaman penjajahan dulu. Yang menarik lagi adalah, jika Anda ingin berkeliling Museum Benteng Vredeburg namun tidak ingin capek berjalan kaki, Anda bisa menyewa sepeda onthel yang hanya bertarif  Rp.5000,- saja.

Sedikit sejarah Benteng Vredeburg, bangunan ini didirikan pada tahun 1765 oleh Pemerintah Belanda dan digunakan untuk menahan serangan dari Kraton Yogyakarta. Dengan parit yang mengelilinginya, benteng yang berbentuk segi empat ini memiliki menara pengawas di setiap sudutnya dan kubu yang memungkinkan tentara Belanda untuk berjalan berkeliling sambil berjaga-jaga dan melepaskan tembakan jika diperlukan. Sebelumnya benteng ini bernama "Benteng Rustenburg" yang berarti "Benteng Peristirahatan" dan dibangun oleh Belanda pada tahun 1760 di atas tanah Keraton dengan izin Sri Sultan Hamengku Buwono I. Kemudian sekitar tahun 1765 - 1788 bangunan disempurnakan dan selanjutnya diganti namanya menjadi "Benteng Vredeburg" yang mempunyai arti "Benteng Perdamaian" sampai dengan saat sekarang ini. Dari segi fungsi sendiri Benteng Vredeburg memiliki beberapa perubahan yaitu: pada tahun 1760 - 1830 berfungsi sebagai benteng pertahanan, kemudian pada tahun 1830 -1945 berfungsi sebagai markas militer Belanda dan Jepang, dan pada tahun 1945 - 1977 berfungsi sebagai markas militer RI.

Untuk jam buka di Wisata Jogja yang satu ini dihari Selasa - Jumat: 08.00 - 16.00 WIB, dan hari Sabtu - Minggu: 08.00 - 17.00 WIB, sedangkan di hari Senin dan hari libur nasional akan tutup. Untuk tiket masuk juga terbilang sangat murah yaitu 2000 untuk dewasa dan 1000 untuk anak. Dan untuk fasilitas di lokasi wisata sejarah ini adalah: Perpustakaan, Ruang Pertunjukan , Ruang Seminar, Diskusi, Pelatihan dan Pertemuan , Audio Visual & Ruang Belajar Kelompok , Hotspot gratis, Pemandu, Ruang Tamu , Mushola , Kamar mandi. Cukup lengkap bukan? Jadi jika Anda sedang ke Jogja dan mengunjungi pusat kota di Maliobor, jangan lupa untuk mampir ke Museum Benteng Vredeburg - Wisata Sejarah di Pusat Kota Jogja.


EmoticonEmoticon