Apill Khusus Sepeda di Jogja

Saat ini selain pengendara sepeda bermotor dan juga mobil , di Jogja juga sudah mulai bertambah banyak peminat sepeda. Mulai dari yang sekedar untuk refreshing sampai dengan yang memang segaja menggunakan sepeda untuk alat transportasi ke kantor atau tempat kerja. Karena memang dengan sepeda selain ramah lingkungan juga akan membuat badan tetap sehat dan segar. Dengan semakin banyaknya pengendara sepeda ini pemerintah kota Yogyakarta ingin memberikan rasa aman dan adil ketika berada di jalan raya. Salah satunya adalah dengan memasang Apill Khusus Sepeda di Jogja

Apill atau lampu lalu lintas ini rencananya akan segera dipasang sebelum akhir tahun ini. "Saat ini masih dalam proses lelang dan diharapkan sudah bisa direalisasikan sebelum akhir tahun," kata Windarto Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta. Jika pada umumnya Apill (lampu lalu lintas) kendaraan memiliki tiga warna yakni Merah, Kuning, dan Hijau, maka untuk Apill Khsusus Sepeda di Jogja ini hanya terdiri dari dua lampu yaitu hijau dan merah yang diberi logo sepeda guna membedakan dengan lampu lalu lintas untuk kendaraan bermotor. Dan untuk waktu nyala dari lampu lalu lintas tersebut akan menyala hijau lebih awal dibanding nyala hijau untuk kendaraan bermotor sehingga pesepeda memiliki waktu yang cukup untuk mencapai jarak aman sebelum disusul oleh kendaraan bermotor. 

Tentunya ini akan membuat lalu lintas sepeda dan kendaraan bermotor menjadi semakin rapi dan tertip, selain itu pengendara sepeda juga tidak akan kesulitan ketika berada di jalan raya. Saat ini Dishub masih melakukan proses pelelangan lantaran alokasinya mencapai Rp 468,4 juta. Enam titik pemasangan itu rencananya akan diterapkan di simpang Gondomanan dan Pojok Beteng Timur. Saat ini di beberapa lampu merah kota Yogyakarta sudah terdapat kotak ruang tunggu khusus sepeda dan itu akan dicat ulang yang rencananya baru akan dilakukan bulan depan setelah pekerjaan pengaspalan jalan selesai dilakukan.

Semoga agenda Apill Khusus Sepeda di Jogja tersebut akan cepat terealisasi sehingga lalu lintas di Yogyakarta semakin aman dan nyaman baik bagi pengendara bermotor maupun pengendara sepeda.


EmoticonEmoticon