Kulon Progo Yogyakarta juga menyimpan berbagai keindahan alam yang masih alami. Tidak heran jika disana terdapat banyak tempat wisata alam yang indah. Salah satunya adalah Wisata Puncak Suroloyo Kulon Progo yang Menawan. Disini Anda akan disuguhkan dengan sebuah pemandangan luas yang menakjubkan.
Puncak Suroloyo Kulon Progo
Obyek wisata ini terletak di ketinggian kurang lebih 1.000 m di atas permukaan laut, sehingga bisa dikatakan puncak yang tertinggi di antara barisan pegunungan Menoreh Kulonprogo, yang membentang dari Kokap di sebelah selatan, sampai Samigaluh di sebelah utara. Karena letaknya yang tertinggi ini, di obyek wisata ini, kita dapat melihat sekeliling secara leluasa 360 derajat, dari barat, utara, timur dan selatan. 

Selain memiliki pemandangan yang mengagumkan, Puncak Suroloyo juga menyimpan mitos. Puncak ini diyakini sebagai kiblat pancering bumi (pusat dari empat penjuru) di tanah Jawa. Masyarakat setempat percaya bahwa puncak ini adalah pertemuan dua garis yang ditarik dari utara ke selatan dan dari arah barat ke timur Pulau Jawa. Dengan mitos, sejarah beserta pemandangan alamnya, tentu tempat ini sangat tepat untuk dikunjungi pada hari pertama di tahun baru kalender Jawa (1 Suro). 

Puncak Suroloyo memiliki kaitan sejarah dengan Kerajaan Mataram Islam. Dalam Kitab Cabolek yang ditulis Ngabehi Yasadipura pada sekitar abad ke-18 menyebutkan, suatu hari Sultan Agung Hanyokrokusumo yang kala itu masih bernama Mas Rangsang mendapat wangsit agar berjalan dari Keraton Kotagede kearah barat. Petunjuk itupun diikuti hingga dia sampai di puncak Suroloyo ini. Karena sudah menempuhjarak sekitar 40 km, Mas Rangsang merasa lelah dan tertidur di tempat ini. Pada saat itulah, Rangsang kembali menerima wangsit agar membangun tapa di tempat dia berhenti. Ini dilakukan sebagai syarat agar dia bisa menjadi penguasa yang adil dan bijaksana.

Lokasi Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo berada di dusun Keceme, desa Gerbosari, Samigaluh, KulonprogoUntuk menuju ke Puncak Suroloyo, Anda bisa melalui beberapa akses berikut ini :
  1. Jogja - Jl. Godean - Perempatan Demak Ijo (lurus) - Perempatan Godean (lurus) - Perempatan Kenteng Nanggulan (belok kanan) - Perempatan Dekso (lurus) - Pertigaan Rest Area Bendo (belok kiri, jalanan mulai naik) - Pertigaan Madigondo (belok Kanan, jalanan naik) - Puncak Suroloyo. Waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan dengan sepeda motor, kurang lebih berjarak 40 km.
  2. Jogja - Jl. Godean - Perempatan Demak Ijo (lurus) - Perempatan Godean (lurus) - Perempatan Kenteng Nanggulan (belok kanan) - Perempatan Dekso (belok kiri) - Kecamatan Samigaluh - Pertigaan Totogan (belok kanan, naik, mulai naik, dan jalan banyak yang tidak rata) - Puncak Suroloyo. Waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan dengan sepeda motor, kurang lebih berjarak 40 km.
Lihat Video Puncak Suroloyo
Sedangkan untuk fasilitas disini sudah lumayan lengkap diantaranya sebagai berikut: Warung-warung makanan kecil khas Suroloyo, keripik Regedek, Kedai kopi khas Suroloyo, Kedai teh khas Suroloyo, Gardu pandang, Homestay, Gasebo, dan juga tempat parkir. Namun untuk menuju ke Wisata Puncak Suroloyo Kulon Progo yang Menawan Anda juga perlu untuk berhati-hati karena jalan yang akan ditempuk memang berbelok-belok dan naik turun, maklum karena berada di daerah pegunungan. Namun setelah sampai di obyek wisata ini Anda akan terkagum-kagum dengan keindahan yang ada di Puncak Suroloyo.


EmoticonEmoticon