Tips Wisata

Melakukan perjalanan wisata dan liburan memang kegiatan yang ditunggu-tunggu dan sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika Anda melakukannya bersama orang-orang yang disayangi tentu akan terasa lebih seru. Namun kadang kala ada sesuatu yang mengurangi kenyaman kita entah di dalam perjalanan ataupun ketika di tempat tujuan. Jika semua terasa nyaman dan aman pasti acara liburan dan wisata juga akan terasa lebih sempurna. Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum Anda melakukan perjalanan agar nantinya tidak merepotkan dan akhirnya suasana liburan Anda menjadi berkurang serunya. 

Mulai dari bekal, tujuan, dan hal lainnya harus dipersiapkan semaksimal mungkin sehingga ketika Anda berangkat sampai dengan di tujuan akan sesuai seperti keinginan dan yang telah direncakan sebelumnya. Lalu hal apa saya yang perlu Anda persiapkan dan perhatikan sebelum melakukan perjalanan? Berikut ini adalah Tips Wisata Agar Nyaman dan Aman yang dapat Anda lakukan.

Menentukan Tujuan Wisata
Jika Anda ingin perjalanan Anda lancar tanpa rasa bingung, sebaiknya tentukan dulu tempat wisata mana yang akan Anda tuju. Jangan pernah berfikiran "jalan dulu, nanti bisa sambil lihat-lihat suasana" walaupun memang atau wilayah yang akan Anda lewati memang terdapat banyak tempat wisata misalnya daerah Gunung Kidul Yogyakarta yang terdapat banyak wisata pantai dan wisata alam. Mungkin tidak akan menjadi masalah jika jalan yang Anda lewati tidak terlalu ramai, namun jika di hari-hari besar seperti Lebaran, Tahun Baru, hari libur dan ternyata jalanan macet maka Anda akan repot untuk memutar jalan atau berhenti sembarangan.

Bawa Bekal
Jangan lupa untuk membawa bekal seperti makanan, minuman atau sekedar snack. Karena ketika Anda menuju ke tempat wisata yang jauh dari perkotaan dan ternyata tidak menjumpai penjual makanan maka Anda tidak akan bingung karena sudah ada bekal yang siap untuk dinikmati. Selain itu juga akan membuat pengeluaran Anda menjadi lebih hemat karena biasanya ketika di hari libur atau hari besar harga makanan di sekitar tempat wisata akan jauh lebih mahal.

Bawa Uang Cash/Tunai
Biasanyya untuk membawa uang cash/tunai ketika Anda ingin berwisata. Karena biasanya ketika berada di wilayah wisata pantai atau wisata alam Anda tidak akan menemui ATM atau supermarket yang bisa belanja dengan kartu kredit. Juga untuk berjaga-jaga ketika harus membayar tiket masuk wisata atau belanja di tempat wisata misalnya ikan laut dan lain-lain.

Cek Kendaraan
Ini  salah satu hal yang paling penting untuk Anda lakukan sebelum melakukan perjalanan. Mungkin jika Anda ingin pergi dengan kendaraan umum tidak perlu melakukan hal ini. Namun jika Anda ingin menggunakan kendaraan pribadi maka Anda wajib untuk melakukannya. Cek kondisi kendaraan, oli, bensin, ban, dll, jangan sampai kendaraan akan rewel di perjalanan terlebih lagi disana nantinya akan jauh dari bengkel kendaraan.

Sesuaikan Jumlah Peserta dengan Kendaraan
Hal ini juga perlu diperhatikan, khususnya jika tujuan wisata Anda ke tempat yang jalannya akan naik turun dengan menggunakan mobil pribadi. Jangan paksakan semua masuk ke satu mobil jika memang melebihi kapasitas meskipun tempatnya tidak jauh. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan misalnya kendaraan tidak kuat naik karena terlalu berat muatan apalagi jika mobil memang sudah tahun yang tua / mobil lama. Jika memang banyak orang maka gunakan kendaraan lebih dari satu.

Perhatikan Anak Kecil
Jika Anda memiliki anak yang masih sangat kecil / bayi, maka sebaiknya hindari wisata di jam padat misalnya hari pertama libur atau tahun baru yang akan dipastikan jalanan macet karena nantinya Anda akan repot sendiri ketika anak Anda tidak merasa nyaman dijalan dan menangis terus menerus. Anda bisa memilih waktu ketika kira-kira sudah tidak terlalu macet.

Berangkat Pagi
Jika Anda ingin berwisata di hari Libur atau Hari Besar, sebaiknya berangkat sepagi mungkin untuk menghindari kemacetan. Karena biasanya semakin siang maka jalanan akan semakin macet. Ini juga bisa berlaku untuk Anda yang memiliki anak kecil.

Pastikan Kesehatan
Yang tidak kalah penting adalah melihat kondisi kesehatan Anda. Jika memang kondisi badan sedang tidak sehat sebaiknya tunda dulu keberangkatan hingga benar-benar sehat. Karena berlibur dalam kondisi sehat tentu akan lebih terasa menyenangkan. Selain itu jika Anda sedang sakit tentu juga akan berpengaruh jika tetap nekat melakukan perjalanan yang agak jauh.

Itulah beberapa Tips Wisata Agar Nyaman dan Aman sampai dengan di tempat tujuan. Silahkan nikmati liburan dan wisata Anda bersama keluarga atau orang-orang tercinta Anda dan pastikan semua berjalan lancar, aman dan nyaman. Selamat Berlibur

2 komentar

Sebagai sarana pelepas penat dari rutinitas, semuanya berharap memperoleh sebuah perjalanan yang aman dan nyaman sehingga tujuan awal dari liburan tersebut dapat tercapai.Thanks untuk artikelnya,sebagai panduan untuk mendapatkan liburan yang aman dan nyaman.

Terimakasih atas kunjunganya, Semoga Jogja menjadi tujuan wisata yang samakin nyaman dan nyaman


EmoticonEmoticon