Keistimewaan Gunung Kidul Yogyakarta dengan banyaknya tempat wisata indah memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Yang paling populer wisata di Gunung Kidul memang wisata pantai, namun siapa sangka jika selain pantai ternyata banyak wisata alam yang benar-benar menakjubkan dan asik untuk ditelusuri. Salah satu wisata alam yang paling ramai dikunjungi adalah Gua Pindul yang terletak di dusun Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Serunya Cave Tubing di Gua Pindul Gunung Kidul Yogyakarta

Cave Tubing di Gua Pindul Gunung Kidul Yogyakarta

Cerita unik asal-usul pemberian nama gua ini adalah berasal dari kisah pengembaraan Joko Singlulung  menelusuri hutan lebat, sungai, hingga gua untuk mencari bapaknya. Saat sedang menyusuri 7 gua yang memiliki aliran sungai di bawahnya, kepala Joko terbentur sebuah batu besar yang ada di dalam gua. Oleh karena itu, gua tempat Joko terbentur tersebut dinamai Gua Pindul. 

Disini Anda bisa melakukan kegiatan seru yaitu Cave Tubing, yaitu kegiatan  menyusuri gua menggunakan ban dalam. Karena aliran air di Gua Pindul ini tenang maka melakukan cavetubing di Gua Pindul ini juga bisa dilakukan oleh pemula maupun anak kecil bahkan wanita hamil pernah. Gua ini memiliki panjang sekitar 300 m, lebar 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5 m. Di salah satu bagian Gua Pindul terdapat tempat yang cukup lebar sehingga terlihat seperti kolam luas. Di bagian ini juga terdapat celah yang cukup lebar tempat sinar matahari masuk. 

Anda yang ingin memasuki gua secara vertikal bisa masuk ke Gua Pindul melewati celah ini. Saat anda melakukan susur gua di Gua Pindul ini, anda akan menemukan sebuah stalagtit yang sudah menyatu dengan stalagmit sehingga tampak seperti sebuah pilar dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa (Soko Guru). Stalaktit ini merupakan terbesar di Goa Pindul dan mempunyai peringkat no 4 di dunia. 
Dengan sewa seharga 30 ribu Anda dapat meminjam pelampung dan membawa sebuah ban dalam setiap orang. Setelah itu Anda akan berjalan sekitar 15 menit untuk menuju start awal masuk ke gua ini. biasanya dalam satu regu/kelompok kita dibatasi 10-15 orang. Tergantung ramai/sepinya pengunjung. Tetapi jika sudah membawa peralatan sendiri, maka untuk bisa melakukan cave tubing di Gua Pindul ini tidak dikenakan biaya apapun. Nang jika Anda penasaran dengan Serunya Cave Tubing di Gua Pindul Gunung Kidul Yogyakarta ini silahkan berkunjung ketika Anda menyusuri wisata di daerah Gunung Kidul Yogyakarta.


EmoticonEmoticon