Gua Cerme Yogyakarta
Wisata Gua Cerme berada di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Sedangkan pintu keluar gua masuk dalam kawasan Ploso, Giritirto, Panggang, Gunungkidul. Untuk menyusuri gua ini dari pintu masuk hingga pintu keluar wisatawan memerlukan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam. Menelusuri lorong Gua Cerme akan menjadi sesuatu yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Anda akan melihat pemandangan menakjubkan yang berada di bawah tanah denggan air terjun yang menawan. Sebelum anda memasuki gua anda akan melewati mulut gua dengan diameter 5 meter, perjalanan menyusuri Indahnya Gua Cerme Yogyakarta ini anda akan ditemani seorang pemandu, jadi keamanan dan keselamatan anda akan terjamin didalam gua. 

Dalam gua ini selalu terisi air dengan ketinggian air yang berbeda-beda, mulai dari betis sampai paha, dan ada juga ruang atau lorong yang memungkinkan anda untuk merunduk. Jika Anda berjiwa petualang dan menyukai tantangan, Indahnya Gua Cerme Yogyakarta ini sangat cocok untuk dikunjungi untuk merasakan sensasi serta keistimewaan alam. Daya tarik lain di sini adalah, Gua Cerme memiliki sejarah dimana zaman dulunya merupakan tempat perkumpulan walisongo untuk menyebarkan agama islam, gua ini dianggap nyaman dan dijadikan tempat perkumpulan atau pertemuan untuk rencana penyebaran agama islam, tempat ini juga konon dipergunakan para walisongo untuk merencanakan pembangunan masjid agung Demak. Dan pada masa penjajahan Belanda, aliran didalam sungai ini dipergunakan untuk pembangkit listrik. Jadi ketika Anda berkunjung kesini, selain menyaksikan keindahan panorama alam Anda juga akan menyaksikan bukti sejarah dari pada walisongo.

Suasana di dalam Gua Cerme memang sunyi. Sehingga Anda akan bisa mendengar suara gemericik air yang menetes dan suara kelelawar yang menggantung di langit-langit gua. Selain itu Anda juga akan menyaksikan aneka stalagtit dan stalagmit berbentuk sodastraw, flowstone, moonmilk, pilar hingga stalagtit berwarna putih cemerlang seperti kristal. Air terjun yang berada di dalam gua juga akan memberikan pemandangan yang lebih indah. Gua Cerme adalah salah satu keindahan alam di Bantul Yogyakarta yang wajib untuk Anda kunjungi ketika berada di Yogyakarta.


EmoticonEmoticon