Air Terjun Sri Gethuk
Wisata alam kali ini akan kembali ke daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Daerah yang memiliki sangat banyak obyek wisata terlaris di Yogyakarta. Tentu saja karena tempatnya yang sangat indah dan masih alami. Satu dari sekian banyaknya tempat wisata tersebut adalah Air Terjun Sri Gethuk yang Exotic. Meskipun namanya terdengar aneh, namun ternyata wisata ini memiliki view yang luar biasa dan berbeda dengan obyek wisata lainnya. Tidak heran jika tempat ini menjadi tujuan utama dari banyaknya wisatawan yang mengujungi daerah Gunung Kidul. 

Air Terjun Sri Gethuk terletak di Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, DIY. Lokasinya tidak terlalu jauh dari salah satu obyek wisata alam nan bersejarah, Gua Rancang Kecono. Akses menuju tempat ini terbilang mudah karena sudah ada petunjuk arah sampai di Desa BleberanUntuk menuju wisata air terjun ini Anda akan berjalan melewati setapak pematang sawah sejauh 450 m dan kemudian menuruni anak tangga 96 anak tangga. Tetapi jika Anda tidak ingin sedikit lelah, ada fasilitas perahu tradisional/gethek untuk menuju wisata air terjun tersebut sambil menyusuri tebing-tebing yang indah di lokasi Air Terjun. Tiket masuk sebesar Rp 7.000 / orang. Tiket tersebut sudah termasuk tiket terusan mengunjungi Gua Rancang Kencono. Sedangkan tarif naik kapal menyusuri sungai sebesar Rp 10.000 per orang.

Ada cerita unik dan mistis di daerah ini yakni menurut kepercayaan, jin yang menjadi penunggu menyukai berbagai kesenian, semua itu dibuktikan pada waktu-waktu tertentu sering terdengar suara-suara di lokasi Menggoran dan sekitarnya. Suara tersebut berupa suara seperti bunyi drumband, dan suara slompret yang sering terdengar mendominasi munnculnya suara tersebut. Suara tersebut kalau dicoba didekati akan hilang sehingga masyarakat meyakini yang mempunyai suara tersebut adalah para jin yang mendiami tempat tersebut. Oleh karena itu air terjun tersebut juga dinamakan Slempret karena berada di lokasi yang namanya Slempret.

Namun Anda tidak perlu takut karena hal tersebut tidak akan mengganggu Anda, dan disini Anda akan menikmati suasana dan pesona alam yang memanjakan mata. Air terjun dengan batu-batu yang exotic disekelilingnya menjadikan suasana semakin manarik. Air Terjun Sri Gethuk yang Exotic memang wajib untuk Anda singgahi.


EmoticonEmoticon