Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo Yogyakarta
Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo Yogyakarta berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan. Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 5 km dari Pasar Dekso. MTs Sidoharjo belok ke kiri dan melewati jalan yang menanjak (naik turun berkelok - Anda harus berhati-hati dan harus berkendara dengan kendaraan yang kuat ditanjakan jalan pegunungan). Air terjun Sidoharjo ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan kemiringan hampir 90 derajat, sehingga air jatuh begitu saja dari tebing batu cadas. Airnya yang jernih dan dingin sangat cocok untuk melepas lelah dan bermain air. 

Di dasar air terjun banyak terdapat tanaman bunga yang beraneka macam menambah indahnya pemandangan yang ada di sekitar air terjun. Selain bisa menikmati air terjun dan tebing vertikal, disini juga terdapat beberapa kera ekor panjang yang seringkali menampakkan diri di atas tebing. Pemandangan alam yang benar-benar sempurna, dan Anda pasti akan merasa betah untuk berlama-lama di tempat wisata yang satu ini.

Lokasi Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo Yogyakarta tidak berdekatan dengan jalan raya, sehingga kendaraan harus dititipkan ditempat parkir swadaya masyarakat sekitar. Selanjutnya harus melawati jalan setapak di pinggir sawah dan hutan. Sambil berjalan anda bisa menikmati pemandangan yang indah disepanjang jalan dan mendengarkan kicauan burung yang merdu. Sesampai di lokasi Anda akan merasa takjub karena memang air terjun ini masih benar-benar indah dan alami dengan air yang sangat jernih.

Jika Anda ingin mengunjungi wisata ini silahkan ikuti rute berikut ini: Jogja- Jalan Godean - Jembatan Progo - 4an Nanggulan - Belok kanan (utara) - 4an lampu merah dekso - belok kiri (barat) - Plang MTS 4 Samigaluh - masuk jalan kecil kiri jalan (naik ikuti jalan naik turun berkelok-kelok sekitar 5 km) - MTS 4 - Belok Kiri naik - Pertigaan ada Gardu Ronda, selanjutnya Anda dapat menitipkan kendaraan di tempat ini.


EmoticonEmoticon