Tidak seperti gunung pada umumnya, Gunung Api Purba Nglanggeran dipenuhi dengan bukit atau batu-batu raksasa. Hal ini juga menjadi bukti bahwa gunung ini pada zaman dahulu pernah aktif sekitar 60 juta tahun silam. Wisata ini menyuguhkan sebuah pemandangan yang menakjubkan ketika kita berada di atasnya.
Gunung Api Purba Nglanggeran
Jalur pendakian di Gunung Api Purba Nglanggeran sangat jelas dan juga mudah. Namun karena memang cukup tinggi sehingga sebaiknya kita kesini ketika kondisi badan cukup fit. Di beberapa sudut terdapat shelter untuk beristirahat atau sekedar bersantai melepas lelah. Dari puncak terlihat jelas pemukiman warga dan Embung Nglanggeran (tampungan air) yang di terletak tidak terlalu jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran.

Panorama wisata yang ditawarkan di Gunung Api Purba Nglanggeran ini meliputi Sunrise dan sunset matahari dan terbitnya bulan pada malam hari, panjat tebing atau rock climbing yang menantang, keindahan alam berupa deretan pegunungan dan perkampungan penduduk yang menarik. Tak jauh dari joglo tersebut anda akan menemukan 3 bangunan gardu pandang yang dapat digunakan untuk mengexplorasi pemandangan alam di gunung ini dari arah ketinggian. Untuk fasilitas sendiri, di lokasi ini terdapat: Posko Kesehatan, Pusat Informasi, Pusat Kuliner, Balai pertemuan, Fasilitas MCK, Home Stay, Jalur Pendakian, Tempat ibadah, Camping Ground.

Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran berada di Desa Ngalanggeran Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Gunugkidul, Yogyakarta. Jarak tempuh 20 km dari kota Wonosari dan 25 km dari kota Yogyakarta. Ada 2 jalur jalan untuk menuju ke lokasi, jika dari arah Wonosari kita melewati Bunderan Sambipitu, ambil kanan arah ke dusun Bobung/kerajinan Topeng, kemudian menuju Desa Nglanggeran. Jika dari arah Jogjakarta: Bukit Bintang Patuk, Radio GCD FM belok kiri kira-kira 7 KM ( arah desa Ngoro-oro lokasi stasiun-stasiun Transmisi ), menuju desa Nglanggeran (Pendopo Joglo Kalisong/Gunung Nglanggeran). 
Lihat Koleksi Foto Gunung Api Purba Nglanggeran
Baca juga:
Embung Nglanggeran, Wisata Air di Atas Puncak Gunungkidul

Jika Anda ingin merasakan suasana alam yang indah dengan nuansa petualangan yang menakjubkan, maka jangan lupa untuk berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran yang Indah


EmoticonEmoticon