Pasti kamu penasaran mengapa artikel wisata pantai Gunungkidul kali ini dengan judul "Pantai Kukup Yogyakarta, Nuansa Tanah Lot di Pulau Jawa". Karena memang jika kamu melihat nuansa disini sekilas mirip dengan Tanah Lot. Pantai Kukup memiliki sebuah pulau karang kecil di sisi timur lengkap dengan gardu pandang yang sering disebut Pulau Jumino.
Pantai Kukup

Keunikan Pantai Kukup

Untuk mencapai ke Pulau Jumino tersebut wisatawan bisa berjalan kaki menyusuri anak tangga dan menyeberang jembatan. Panorama inilah yang sering disebut sebagi Tanah Lot-nya Jogja karena memang suasananya mirip dengan yang ada di pulau Bali tersebut.


Salah satu keistimewaan dari Pantai Kukup adalah kaya akan biola laut seperti ikan hias dengan aneka warna yang indah. Kamu juga bisa melihat aquarium laut yang secara alamiah terbentuk di karang-karang di pinggir pantai. Dipantai ini juga terdapat gua-gua karang eksotis yang teduh. Untuk kamu yang hobi memancing bisa mencobanya di pantai ini. Selain itu kamu yang tidak sabar ingin segera menikmati lezatnya ikan laut silahkan kunjungi warung-warung di sekitar pantai yang menjual aneka olahan laut. Dari gardu pandang diatas pulau kecil tersebut kamu bisa menyaksikan hamparan laut yang indah dengan ombaknya. Selain itu juga bisa menyaksikan sunrise maupun sunset pantai yang indah dari gardu pandang ini. Benar-benar suguhan alam yang menakjubkan untuk dinikmati.
Lihat Gallery Foto Pantai Kukup

Lokasi Pantai Kukup

Pantai Kukup berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta (Lihat Peta).
Tempat Menarik Lainnya:
Garis Pantai Kukup ini memang tidak terlalu panjang sebab di kanan kirinya dihimpit oleh bebatuan karang. Namun meskipun begitu Pantai Kukup tetap menawan dan cocok untuk dikunjungi dan dijadikan tempat melepas penat dan mengisi liburan kamu. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kukup bisa bermain pasir atau berteduh di gua-gua karang alami yang banyak terdapat di pinggir pantai.


EmoticonEmoticon