Pantai Krakal Yogyakarta termasuk dalam salah satu deretan pantai-pantai  indah di laut selatan Kabupaten Gunungkidul yang juga memiliki beberapa spot surfing tersembunyi yang menantang. Pantai ini mempunyai bentangan garis pantai yang sangat panjang dan merupakan yang terpanjang diantara pantai-pantai di Gunungkidul. 
Pantai Krakal Yogyakarta
Pantai Krakal terletak di Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia. Kurang lebih 65 kilometer yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam jika dari Yogyakarta kota. Yang menjadi keistimewaan tersendiri dari Pantai Krakal adalah adanya ikan damselfish yang berwarna kuning dengan aksennya berwarna biru di punggung, ikan kepe-kepe atau butterflyfish dengan bergaris-garis biru tua dan biru muda, serta terdapat sekelompok ikan kecil yang berwarna biru terang sedang berenang di antara bebatuan. 

Selain itu Anda juga akan menjumpai bintang laut berwarna hitam yang menjulurkan kakinya keluar dari balik batu yang menjadi tempat persembunyian mereka. Benar-benar pemandangan alam yang lengkap. Dulunya Pantai Krakal Yogyakarta diyakini berada di dasar laut. Karena proses alam maka terjadi pengangkatan kerak bumi yang selanjutnya dasar laut tersebut bisa sampai ke permukaan dan akhirnya menjadi daratan. Daratan yang terbentuk dari pengangkatan dasar laut tersebut munculah pantai dengan nama Krakal sebagai pantai yang unik karena banyaknya batu karang bertebaran dipantai yang dulunya dipakai sebagai rumah bagi ikan ikan didasar laut dan sekarang ini menjadi salah satu wisata terindah di Gunungkidul.

Tempat Menarik Lainnya:

Untuk fasilitas, di Pantai Krakal juga sudah termasuk cukup karena telah berdiri hotel-hotel murah, kamar mandi umum dan juga banyak terdapat rumah makan. Belum lengkap rasanya jika Anda mengunjungi pantai-pantai di Gunungkidul Yogyakarta jika belum sempat ke Pantai Krakal ini.


EmoticonEmoticon