Presiden Jokowi

Kepala Biro Pers Istana Albiner Sitompul mendapatkan kecaman dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta karena diduga melecehkan wartawan Suara.com, Wita Ayodya Putri saat melakukan peliputan peluncuran Program 35.000 MW oleh presiden Jokowi di Pantai Goa Cemara, Bantul, Senin (4/5) kemarin. Saat itu korban "Wita Ayodya Putri" bermaksud untuk menanyakan kepada Jokowi terkait dengan seorang buruh yang melakukan aksi bakar diri di GBK. Akan tetapi belum sempat bertanya, Kabiro Pers Istana Albiner Sitompul bertanya balik kepada korban "mau bertanya apa pada Jokowi?". Dan saat tahu bahwa wartawati tersebut akan bertanya soal buruh yang bakar diri, dia langsung membentak korban.

"Ngapain kok tanya-tanya soal buruh, tanya aja soal program ini," kata Albiner Sitompul. Dan ternyata tidak hanya itu saja, korban juga ditarik telinganya dan diancam akan dicubit jika bertanya tentang buruh. "Awas ya tak cubit kalau sampai tanya soal buruh," katanya sembari memegang pinggang korban hingga doorstop selesai. Tentu saja Wita merasa malu karena diperlakukan seperti itu namun dia tetap diam saja karena merasa dibawah ancaman.

Mengetahui kejadia tersebut ketua AJI Yogyakarta, Hendrawan Setiawan mengatakan perbuatan tersebut merupakan intimidasi dan mencoba menghalang-halangi kerja pers. "Berdasarkan UU No 40 tahun 1999 tentang Pers pasal 4 ayat 1, 2 dan 3 bahwa kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara. Perbuatan itu jelas melanggar undang-undang," ungkapnya. Dia juga meminta Kepala Biro Pers Istana Albiner Sitompul untuk meminta maaf secara tertulis kepada korban dan media tempatnya bekerja.

Entah yang mana yang benar, mungkin memang wartawan memiliki hak dan kebebasan dalam mencari berita. Tapi mungkin juga Biro Pers Istana juga punya kebijakan sendiri mengingat pertanyaan yang akan dilontarkan wartawati tersebut ternyata tidak nyambung dengan acara yang sedang diadakan di Pantai Goa Cemara, Bantul, Yogyakarta tersebut. Semoga semuanya cepat selesai dengan baik, bagaimana menurut Anda?


EmoticonEmoticon