Mahasiswa Demo dan Blokir Jalan Malioboro

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 mei 2015 kemarin arus lalu lintas jalan Malioboro Yogyakarta macet total. Hal ini terjadi karena aksi blokir dar ratusan mahasiswa yang tengah melakukan demo atau unjuk rasa. Mahasiswa melakukan demo sambil melakukan bakar ban di depan kantor pos besar Yogyakarta dan akibatnya lalu lintaspun kacau karena jadi lumpuh total. Untuk mengatasi kemacetan akhirnya Polisi terpaksa mengalihkan kendaraan ke arah utara gedung Agung. 

Lalu apa yang sedang mereka tuntut dalam unjuk rasa tersebut?  di antaranya adalah soal penghentian kapitalisasi dan liberalisasi pendidikan, kemudian soal pencabutan UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan juga UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, serta Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang standar pendidikan tinggi dan lain-lain. 

Mahasiswa pengunjuk rasa tersebut berasal dari berbagai element yang salah satunya tergabung dalam HMI cabang Yogyakarta Raya dan ada juga yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pendidikan. Entah apakah cara ini efektif atau tidak dan tepat sasaran atau tidak mungkin tujuan mereka memilih lokasi di tengah kota ini agar bisa dengan cepat di dengar dan diperhatikan. Bagaimana menurut Anda?


EmoticonEmoticon