Menikmati keindahan alam memang sangat menyenangkan, biasanya air terjun merupakan tempat favorit bagi pecinta alam. Grojogan Watu Jonggol adalah salah satu wisata air terjun di Kulon Progo yang lokasinya berdekatan dengan Kebun Teh Nglinggo. Berbeda dengan lainnya, air terjun ini termasuk kecil namun tinggi.
Grojogan Watu Jonggol

Keindahan Grojogan Watu Jonggol

Meskipun tempatnya yang memang terpencil dan medan yang dilewati sedikit sulit namun wisata ini masih banyak dikunjunging terutama dimusim libur. Biasanya wisatawan kesini karena sekalian ke Kebun Teh Nglinggo. Memang panorama yang ada disini lebih dominan alam seperti tumbuhan atau pepohonan disekitar termasuk pohon pinus yang terlihat diatas bukit. Karena Grojogan Watu Jonggol memang tidak terlalu luas seperti air terjun lainnya.


Grojogan Watu Jonggol memilki ketinggian sekitar 60 m. Air Terjun Watu Jonggol mempunyai ketinggian sekitar 30 - 40 meter. Jadi tempat ini cocok jika kamu ingin bersantai di tengah alam. Kamu bisa duduk di gazebo yang berada disamping air terjun. Jika ingin bermain air juga ada genangan di bawah air terjun yang tidak terlalu dalam. Karena tidak terlalu luas sepertinya tempat ini kurang cocok jika untuk hunting foto landscape, namun jika sekedar untuk selfie masih tetap seru. Kamu bisa selfie diatas batu dengan air terjun ataupun di jembatan bambu sebelum sampai ke gazebo. 

Lokasi Grojogan Watu Jonggol

Grojogan Watu Jonggol Kulon Progo ini terletak di Pagerharjo, Samigaluh, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta (Lihat Peta).
Untuk sampai di Air terjun Grojogan Watu Jonggol, pengunjung harus melewati beberapa anak tangga dan melewati perkebunan penduduk dengan kondisi jalan masih dari tanah. Untuk mempermudah pengunjung sampai ke air terjun, pengelola telah memasang pagar pembatas di setiap jalan yang dapat digunakan sebagai pegangan ketika berjalan. Yang harus diperhatikan jika Anda hendak berkunjung ke wisata ini adalah untuk lebih berhati-hati ketika memasuki wilayah Desa Wisata Nglinggo, karena kondisi jalan yang naik turun dan berkelok-kelok. Selain itu juga pastikan kendaraan anda siap digunakan untuk naik-turun gunung mengingat medan yang memang tidak datar.
Di dekat lokasi parkir saat ini sudah ada warung, jadi kamu bisa bersantai sambil makan dan minum selepas bermain air di Grojogan Watu Jonggol. sekeliling air terjun ini ditumbuhi berbagai macam tumbuhan hijau. Pemandangan semakin menarik dilengkapi dengan bebatuan disekeliling air terjun. Bukit menoreh yang menghijau juga ikut menambah eksotisme pemandangan di air terjun ini. 


EmoticonEmoticon