Eri Yunanto Jatuh ke Kawah Merapi

Resiko seorang pendaki memang terkadang sangat berbahaya ketika berada di atas gunung, terkadang terperosok jurang atau bisa juga hilang jejak ditengah luasnya pegunungan. Kali ini peristiwa naas yang menimpa pendaki dan juga mahasiswa Atma Jaya Yogyakarta. Eri Yunanto, Terjatuh ke Kawah Merapi Sehabis Berfoto di Batu Puncak Garuda. Lelaki berusia 21 tahun ini terjatuh di kawah Gunung Merapi dengan kedalaman sekitar 100-200 meter. Martha, salah seorang rekan Eri, mengatakan tidak mengetahui persis lokasi jatuhnya Eri. Martha hanya mengatakan bahwa Eri jatuh ke arah kawah Merapi. Saat itu, Eri sempat berteriak meminta tolong, bahkan beberapa saat setelah jatuh suara Eri masih terdengar. Hal itu menandakan masih ada harapan bagi Eri untuk diselamatkan karena tidak langsung tercebur masuk dalam kawah. 

Lima orang rekannya kemudian langsung turun dan melaporkan peristiwa itu di Pos Pendakian Merapi di Selo, Boyolali sekitar pukul 14.00 WIB. Warga bersama tim SAR Boyolali seperti dikutip detik.com, langsung menuju lokasi untuk melakukan evakuasi. “Teman-teman SAR DIY bersiap menuju lokasi untuk membantu teman-teman SAR dari Boyolali dan Klaten yang sudah berada di lokasi. Belum ada informasi tambahan dari tim yang sudah di lokasi mengenai kondisi korban,” kata Humas SAR DIY, Teguh Supriyadi. Sedangkan Dicky yaitu teman dekat Eri Yunanto ternyata sempat mengambil foto rekannya tersebut sesaat sebelum terpeleset dan jatuh ke kawah Merapi, Sabtu (16/5/2015) kemarin. "Saya sempat mengambil fotonya dua kali, setelah itu ia hendak turun, dalam sepersekian detik ia terpeleset dan terjatuh berguling," katanya, Minggu (17/5/2015). Berikut ini adalah foto yang sempat diambil oleh Dicky.

"Ia sudah sempat diingatkan oleh pendaki lainnya, kalau ingin naik jangan ragu-ragu, kalau ragu tidak usah saja. Ia memang berhasil naik, namun kemudian ketika hendak turun dia terlihat ragu, hingga akhirnya saya diminta untuk menghadang tepat didepannya, untuk menjaganya," lanjut Dicky. Sebaiknya untuk Anda yang juga hoby mendaki, jika ingin ke gunung Merapi memang harus lebih berhati-hati kita sampai di puncak. Karena pascaletusan kemarin, puncak Merapi semakin menyempit. Puncak Garuda dan kawah mati yang dulunya terpisah, kini menyatu menjadi kawah aktif setelah letusan 2010. Sementara itu, lebar kawah Merapi kini bertambah.


EmoticonEmoticon