Air Terjun Grojogan Banyu Tibo atau Pantai Banyu Tibo adalah salah satu wisata di Gunungkidul yang memiliki air terjun yang unik. Lokasi ini menjadi salah satu pantai di Gunungkidul yang memiliki air terjun seperti halnya Pantai Jogan meskipun disini lebih kecil. Obyek wisata yang satu ini bisa disebut wisata alam sekaligus wisata pantai karena memang merupakan sebuah pantai meskipun kecil dan disekelilingnya juga bisa dilihat pemandangan alam bukit hijau yang indah.
Pantai Banyu Tibo

Keunikan Pantai Banyu Tibo

Disini udaranya terasa sangat sejuk ditambah dengan suara air yang jatuh dari Air Terjun Grojogan Banyu Tibo tersebut. Dengan pemandangan asri seperti ini tentu akan memanjakan mata kita dan tidak akan pernah puas untuk tetap menikmatinya. Akan sangat menyenangkan jika kamu berkunjung ke wisata alam sekaligus pantai di Gunung Kidul ini bersama keluarga dan teman dengan beramai - ramai mengingat disini memang masih sepi.

Pantai Banyu Tibo memang tidak ramai seperti pantai populer di Gunungkidul lainnya. Namun karena kesunyiannya inilah yang menjadikannya cocok untuk kamu yang ingin refreshing dan butuh ketengan. Namun untuk menuju tempat ini memang membutuhkan tenaga untuk berjalan kaki menyusuri bukit. Karena Pantai Banyu Tibo memang berada diantara Pantai Siung dan Bukit Pengilon. Jadi untuk menuju lokasi ini, dari Pantai Siung silahkan naik ke Bukit Sunset Pantai Siung yang berada di sebelah timur terlebih dahulu dan setelah sampai di puncak paling atas nanti akan ada papan petunjuk arah untuk menuju ke Pantai Banyu Tibo dan Bukit Pengilon. Namun kamu memang harus mempersiapkan stamina dan berhati - hati untuk menaiki Bukit Sunset tersebut karena memang cukup tinggi.

Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo
Setelah itu silahkan ikuti jalan kecil yang memang dibuat untuk rute menuju ke Pantai Banyu Tibo tersebut. Jaraknya memang agak jauh sekitar 300 m, namun selama perjalanan kita bisa menikmati pemandangan yang benar - benar indah dari atas bukit tersebut. Nanti kita akan bertemu papan petunjuk lagi dan ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di Air Terjun Grojogan Banyu Tibo yang berada di bawah. Jika ingin menuju ke Bukit Pengilon kita masih harus berjalan lagi namun jika ingin ke Pantai Banyu Tibo harus turun melewati jalan kecil dan harus berhati - hati karena memang cukup curam.


Pantai Banyu Tibo
Jalan Turun Menuju Pantai Banyu Tibo

Lokasi Pantai Banyu Tibo Gunungkidul

Pantai Banyu Tibo ini masih berada satu daerah dengan Pantai Siung sebelum Bukit Pengilon yaitu di Desa_Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Jadi kamu bisa menuju ke Pantai Siung terlebih dahulu dan memarkirkan kendaraan disana. Namun memang pantainya hanya kecil dan sepi, jadi cocok untuk Anda yang butuh suasana tenang dan benar - benar ingin menikmati alam.
Dan setibanya di lokasi tersebut Anda akan takjub dengan indahnya air terjun yang jernih dan segar. Memang jika tidak dimusim hujan airnya tidak terlalu deras namun tetap indah untuk dinikmati. Anda bisa bermain air disini untuk menikmatinya, juga dapat berselfy ria dengan latar belakang pemandangan yang elok. Namun sekali lagi wajib untuk berhati - hati karena batu - batunya juga cukup licin. Silahkan coba untuk mengunjunggi Air Terjun Grojogan Banyu Tibo Gunungkidul dan menikmati anugerah Tuhan yang indah dan tak akan pernah ada habisnya. Selamat Berlibur.

1 komentar:

waah keren banget gan... jadi pengen jalan2 ke tkp nih buat refreshing...

jalan2 ke http://www.jagadunik.com ya gan... makasih


EmoticonEmoticon