Pantai Siung masih berada di Tepus, Gunungkidul. Yaitu di Dusun Duwet, Desa_Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jika kita menuju ke pantai ini kita akan melewati rute Pantai Jogan. Disekitar bibir pantai memang berkarang dan berbatu serta ombak yang besar sehingga tidak cocok untuk Anda yang ingin berenang. Selain itu memang pemerintah setempat juga telah memasang tanda larangan berenang. Namun, tentu Anda masih bisa bermain-main air di pinggir pantai diatas batu-batu karang yang cantik.

Pantai Siung Gunung Kidul

Keistimewaan lain dari Pantai Siung adalah banyaknya pepohonan di pinggir pantai. Anda bisa menyewa tikar dari penduduk sekitar dan berteduh di bawah pohon-pohon itu. Pantai Siung sangat cocok untuk Anda yang ingin mendinginkan pikiran dan melepas penat karena memang ditempat ini masih cukup hening. Untuk Anda yang memiliki hobi fotografi, pantai ini juga cocok untuk anda jadikan tujuan. 

Selain itu Anda dapat mengikuti jalan setapak di sisi kiri pantai untuk mencapai puncak tebing dan melihat pemandangan yang indah dari atasnya. Sekitar 10-15 menit dibutuhkan hingga sampai ke puncak. Dari sana, akan terlihat keseluruhan pantai dan karang-karang besar di sisi kiri dan kanan yang benar-benar elok. Untuk fasilitas di Pantai Siung sudah cukup mamadai, jalur angkutan umum, fasilitas kamar mandi umum, warung makan, sunset spot, mushola dan pendopo yang bisa disewa Rp. 250.000/malam. Namun jika Anda hendak berkunjung kesini kami sarankan untuk memakai kendaraan pribadi saja karena akan lebih mudah.


Pesona lain yang menonjol dari Pantai Siung adalah batu karanganya yang berukuran raksasa di sebelah timur dan barat memiliki peran yang penting, selain untuk memperindah dan pembatas dengan pantai lain, karang tersebut menjadi dasar penamaan pantai ini. Batu karang tersebut terletak agak menjorok ke laut dan menurut seorang sesepuh di tempat ini yang bernama Wastoyo, penamaan pantai ini diambil dari bentuk batu tersebut yang menyerupai gigi kera atau Siung Wanara. Hingga sekarang batu tersebut masih dapat dinikmati keindahannya. 


Tempat Menarik Lainnya:

Ada cerita menarik dari sesepuh di Pantai Siung, wilayah Siung pada masa para wali menjadi pusat perdagangan di wilayah Gunungkidul. Tidak jauh dari pantai ini tepatnya di wilayah Winangun berdiri sebuah pasar. Ditempat tersebut berdiam Nyai Kami dan Nyai Podi, istri abdi dalem Keraton Yogyakarta dan Surakarta.Tidak ada salah untuk Anda yang sedang berlibur kepantai Gunung Kidul untuk singgah ke Pantai Siung dan menikmati suasana tenang yang disuguhkan oleh alam. Selamat Berlibur.


EmoticonEmoticon