Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta termasuk obyek wisata yang baru di buka oleh pemkab gunungkidul, bisa dilihat dari jalan yang menuju ke bibir pantai yang berupa cor block. Dan jika anda melihat ke sekitar pantai ini akan terlihat pohon-pohon palem rapi berjajar si sepanjang pantai ikut memperindah keanggunan pantai ini, benar - benar pantai yang indah. 

Pantai Sepanjang Gunung Kidul

Pantai Sepanjang Gunung Kidul Yogyakarta, Kuta-nya Jogja. Ya, karena Pantai Sepanjang ini juga memiliki karakteristik yang mirip dengan Pantai Kuta di Bali. Selain punya garis pantai yang panjang, pasir putih juga terhampar memenuhi pinggiran pantai. Menurut cerita disana, pemberian kata "Sepanjang" disebabkan pantai ini memiliki garis pantai terpanjang diantara pantai-pantai di Kabupaten Gunung Kidul. 

Selain suasananya pantai yang tenang, sebagai lokasi wisata yang baru pantai sepanjang juga masih benar-benar asri, alami dan bersih. Di Pantai Sepanjang ini juga terdapat situs bersejarah yaitu Banyusepuh. Sesuai namanya yang berarti membasuh dengan air, maka tempat ini yang tadinya berupa mata air yang digunakan untuk memandikan atau membasuh. Penggunaan tempat ini konon dipakai oleh para wali untuk memandikan pusakanya. Situs ini sekarang tinggal kubangan kering yang ditumbuhi tanaman liar, sehingga bila tidak bertanya keberadaanya kepada penduduk setempat maka para wisatawan sulit untuk menemukan situs tersebut.

Lokasi Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Sepanjang berjarak kurang lebih 1 Km sebelah Timur Pantai Kukup atau di sebelah Barat Pantai Watu Kodok dan Pantai Drini. Anda dapat menempuh rute sebagai berikut: Jogja - Piyungan - Patuk - Sambipitu - Lanud TNI AU Gading - Siyono - Wonosari - Jalan Baron - Tanjungsari - Pertigaan Masuk Kawasan Pantai Baron ke arah Timur - Pintu Masuk Pantai Kukup ke timur - Pantai Sepanjang.

Dibeberapa tempat juga terdapat gubug tempat masyarakat setempat tinggal dan bertanam di sekitar tempat tersebut. Anda akan melihat dua bukit yang pada bagian lerengnya dipakai untuk bercocok tanam oleh masyaratkat setempat seperti menanam jagung, kedelai dan lain-lain. Ketika air laut sedang surut, karang-karang akan muncul dibibir pantai yang menjadi habitat dari beraneka kehidupan biota laut. Para pengunjung dapat menemukan kerang-kerangan, ikan-ikan kecil, bintang laut, anggang laut, bulu babi dan rumput laut di sela-sela karang tersebut.

Tempat Menarik Lainnya:

Anda tidak akan rugi untuk berkunjung ke pantai ini. Silahkan menikamati indahnya suasana alam yang segar, tenang, asri dan masih sangat alami. Gunakan waktu berlibur Anda di Yogyakarta dengan sebaik-baiknya untuk mengunjungi tempat yang istimewa. Selamat berlibur.


EmoticonEmoticon