Jika mendengar pantai dengan pasir putih di Gunung Kidul Yogyakarta pasti yang terlintas di benak Anda adalah Pantai Indrayanti bukan? Namun jangan salah, karena ternyata memang pantai di Gunung Kidul identik dengan pasir putih yang bersih. Salah satu yang indah adalah Pantai Poktunggal Yogyakarta dengan Pasir Putih yang Bersih dan Alami. Pantai ini menawarkan suguhan  alam yang benar-benar mempesona. Mulai dari pasir putihh yang bersih, hingga suasana alam yang masih asri dan alami. Udara disini juga cukup segar.

Pantai Poktunggal Yogyakarta

Pantai Poktunggal berada di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia. Untuk menuju ke pantai ini Anda dapat menempuh jarah / rute sebagai berikut: Jogja - Piyungan - Patuk - Sambipitu - Arah Hutan Bunder - Gading - Logandeng - Siyono - Bundaran Tugu BPD - Jl. Kyai Legi - Jalan Lingkar Selatan - Jl. KRT Djojodiningrat - Jalan Girisubo-Wonosari - Jalan Saptosari-Tepus - Pok Tunggal

Keindahan lain dari Pantai Poktunggal adalah barisan tebing tinggi yang berdiri menjulang setinggi sekitar 50 m yang sangat potensial digunakan untuk olah raga panjat tebing. Di tebing karang tersebut masih terdapat binatang-binatang hutan lain seperti monyet liar yang sering kedapatan melompat dari balik tebing sebelah timur. Di pantai ini ada yang unik yaitu terdapatnya sumber mata air tawar yang kemungkinan besar bersumber dari aliran sungai bawah tanah yang banyak digunakan untuk kebutuhan warung - warung makan dan kamar mandi yang merupakan swadaya dari masyarakat setempat disekitar pantai.
Nama Pok Tunggal sendiri menurut cerita adalah berasal dari nama Kelompok Tunggal, yaitu kelompok yang merintis dan mengelola wisata ini. Selain itu ada juga versi lain mengatakan bahwa nama Pok Tunggal berasal dari kata Tuk Tunggal, yaitu satu-satunya tuk (sumber mata air) yang berada di dekat sebuah warung sebelah barat pantai ini. Tuk ini berada di bawah pohon Ambal yang airnya bersih, dan sampai dengan saat ini masih diambil menggunakan pompa untuk kebutuhan bersama warga sekitar tersebut. Selain itu disini juga ada tanaman langka dilestarikan yang disebut pohon Duras.

Tempat Menarik Lainnya:

Pihak pengelola Pantai Poktunggal gunung kidul sengaja tidak membangun bangunan untuk penginapan dengan alasan agar para wisatawan yang bermalam di pantai ini memggunakan tenda agar menyatu dengan alam. Menikmati keindahan pantai ini tidak lengkap bila tidak menunggu waktu menyaksikan matahari tenggelam unktuk menikmati keindahan sunsetnya. Seru kan berlibur ke Pantai Poktunggal Yogyakarta? Nikmati indahnya pantai dan menyatu dengan alam.


EmoticonEmoticon