Pantai Ngobaran dikenal sebagai tempat ritual penganut agama dan kepercayaan tertentu. Di kawasan ini anda dapat melihat tempat peribadatan seperti masjid yang berdiri berdampingan dengan pura yang menghadap ke laut, juga terdapat tempat ibadah aliran kepercayaan seperti kejawen dan kejawan. Kejawan merupakan aliran kepercayaan peninggalan Prabu Brawijaya V. Terdapat pula beberapa arca yang sering digunakan untuk tempat upacara keagamaan tertentu. 

Pantai Ngobaran Yogyakarta

Nama Ngobaran berasal dari sejarah Prabu Brawijaya V yang merupakan raja terakhir Kerajaan Majapahit, yang bersamaan dengan itu Kerajaan Islam berkembang pesat dengan berdirinya kerajaan-kerajaan Islam di pesisir utara pulau Jawa pada pertengahan abad ke 15 M. Pantai Ngobaran Yogyakarta yang Unik dengan Candinya

Pantai Ngobaran berada di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia. Untuk mencapai lokasi ini tidaklah terlalu sulit karena sudah ada papan penunjuk arahnya, namun memang harus berhati-hati karena jalan yang sempit dan berkelok-kelok naik turun. Dari jalan Jogja-Wonosari di pertigaan Gading silakan ambil jalan ke selatan arah Playen, tinggal ikuti saja jalan sampai ke pertigaan pasar Paliyan ambil kiri kemudian tidak jauh dari situ belok ke kanan dan tinggal ikuti jalan serta papan penunjuk arah ke pantai Ngobaran. Jika mau ke pantai ini ketika musim liburan memang harus waspada karena jalan yang dilewati hanya cukup untuk 1 mobil, jadi jika berpapasan harus bergantian. Jadi tidak boleh dengan kecepatan tinggi.

Di pantai Ngobaran dapat di temui bangunan Joglo tempat peribadatan aliran Kejawan(bukan Kejawen), masjid tempat peribadatan umat Muslim, dan pura tempat peribadatan pemeluk agama Hindu yang terletak di atas bukit sebelah barat. Yang unik adalah Mesjidnya mengarah ke arah selatan (Laut). Namun walaupun arah masjidnya ke selatan, warga sekitar yang melakukan sholat disana tetap mendirikan sholat dengan menghadap arah kiblat yakni ke arah Kabah (ada tulisan di Mesjidnya). Di tempat ini terdapat sebuah candi untuk pemujaan yang tidak boleh dimasuki orang, tetapi anda tetap dapat berfoto dengan latar belakang candi dan lautan lepas.

Dekat dengan lokasi candi terdapat seperti bangunan pura dengan di dalamnya banyak patung-patung dewa. Inilah keunikan dari Pantai Ngobaran, selain dapat menikmati ganasnya ombak laut selatan, anda juga dapat melihat bangunan - bangunan unik yang dibuat untuk tujuan pemujaan. Lokasi ini masih berada di ketinggian sehingga dengan melemparkan pandangan ke bawah, dapat dilihat deburan ombak yang menghantam karang ataupun hamparan tanaman-tanaman laut yang menghijau tumbuh di atas karang-karang. Benar-benar pemandangan yang lengkap. Anda akan dimanjakan oleh alam ketika berkunjung ke pantai ini.


EmoticonEmoticon