Berwisata memang sangat menyenangkan, apalagi jika kita bisa sekaligus memperluas wawasan tentang sejarah atau pengetahuan. Di Yogyakarta memiliki banyak wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi, mulai dari sejarah kemerdekaan, sejarah kerajaan atau situs-situs lainnya. Yang tidak kalah menarik adalah Museum Sandi Yogyakarta, Wisata Sejarah yang Unik dan Satu - Satunya di Dunia
Wisata Sejarah Yogyakarta
Dan mungkin juga merupakan museum pertama di Dunia. Museum ini merupakan hasil kerjasama antara Lembaga Sandi Negara dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, dimaksudkan untuk melestarikan nilai sejarah persandian sebagai bagian integral perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Museum Sandi berada di Jl. Faridan Muridan Noto No. 21, Kota Baru, Yogyakarta. Buka setiap hari Senin sampai Kamis pada jam 08.30 – 15.00 WIB. Sedangkan pada hari Jum’at buka mulai jam 08.30 – 11.30 WIB. Koleksi dari Museum Sandi Yogyakarta adalah Barang asli atau replika mesin/peralatan sandi, meubeler, tag, sepeda, patung/menekin, etalase (barang keseharian pelaku sejarah sandi), slide sistem, serta sistem-sistem sandi lainnya dan sebagainya. Juga ada Dokumen berupa buku kode, lembaran kertas, dan sebagainya. Gambar-gambar berupa foto, peta (napak tilas sandi), lukisan (kegiatan sandi di dalam perundingan), dan sebagainya juga ada disini.Dan yang menarik adalah terdapatnya Diorama berupa suasana di  Pedukuhan Dukuh, kegiatan kurir sandi dan lainnnya.

Sejarah Pendirian Museum Prakarsa pembangunan Museum Sandi berawal dari gagasan Bapak Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X yang berkeinginan untuk menempatkan koleksi persandian di Museum Perjuangan Yogyakarta. Keinginan tersebut disampaikan pada saat beliau menerima kunjungan Widyakarya Mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) bulan Maret 2006. Kemudian oleh Kepala Lembaga Sandi Negara, Mayjen TNI Nachrowi Ramli, gagasan tersebut disambut baik dan segera ditindak lanjuti dengan membentuk sebuah tim Pengisian Koleksi Persandian di Museum Perjuangan Yogyakarta, yang kemudian berkembang dan dikenal dengan nama Tim Museum Sandi.
Lihat Koleksi Foto Museum Sandi
Museum Sandi Yogyakarta ini diharapakan akan memberikan manfaat sebagai sarana untuk menampilkan dan memelihara koleksi benda sandi yang memiliki nilai sejarah dan menambah wawasan pengunjung, sebagai wahana dan media pembelajaran untuk mengapresiasi peran persandian dalam mempertahankan kemerdekaan serta media pembelajaran ilmu persandian. Anda pasti akan tertarik dengan koleksi-koleksi bersejarah yang unik di tempat ini.


EmoticonEmoticon