Pantai Sadeng adalah pantai yang merupakan salah satu kebanggaan warga di Gunungkidul karena selain sangat indah, pantai ini juga menyimpan sebuah cerita. Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan Bengawan Solo. Nah, pada zaman dulu ternyata sungai tersebut bermuara disini sehingga Pantai Sadeng sering juga disebut Bengawan Solo Purba
Pantai Sadeng

Ada Apa di Pantai Sadeng?

Di Pantai Sadeng kamu akan melihat dua buah perbukitan kapur memanjang, ditengahnya terdapat sebuah lembah yang semula merupakan jalur aliran dan dasar sungai Bengawan Solo purbaLembah tersebut sekarang ini dipergunakan untuk bercocok tanam palawija penduduk setempat sepanjang 7 km berkelok ke arah utara hingga wilayah Pracimantoro di kabupaten Wonogiri dan seterusnya dapat kita telusuri terus ke utara hingga ketempat pembalikan aliran sungainya. Muara Bengawan Solo Purba berada di pantai sebelah timur dan wilayah itu kini termasuk areal pelabuhan perikanan.


Tidak seperti pantai di kawasan Gunung Kidul pada umumnya, di Pantai Sadeng tidak banyak terdapat karang-karang raksasa yang membuat pandangan mata menjadi terhalang. Kamu juga dapat melihat perahu nelayan yang sedang melaut. Bibir pantai ini berupa tebing karang yang terlihat indah dan cantik. Di pantai ini pengunjung dapat melihat aktifitas nelayan. Dan kamu juga dapat menikmati masakan ikan laut atau jika kamu menginginkannya dapat membawa ikan laut segar untuk oleh - oleh dengan harga yang relatif sangat terjangkau. Selain itu disini kamu juga bisa seru - seruan selfie berfoto dengan panorama yang indah dan unik atau diatara perahu - perahu nelayan yang ada disini.
Pantai Sadeng
Jika kamu ingin melihat keindahan laut dan melihat sisa sejarah Bengawan Solo Purba yang luar biasa, silahkan berkunjung ke Pantai Sadeng ini yang menjadi salah satu wisata pantai terindah di Yogyakarta khususnya di kabupaten Gunungkidul.


EmoticonEmoticon