Menelusuri sejarah Yogyakarta memang sangat menarik, dari kebudayaan, kerjaan dan bangunan-bangunan klasik yang masih berdiri kokoh di Yogyakarta. Salah satunya adalah Wisata Sejarah Taman Sari Yogyakarta yang mendapat sebutan "The Fragrant Garden" berikut ini.
Taman Sari Yogyakarta
Taman Sari pertama kali didirikan pada tahun 1758 oleh Pangeran Mangkubumi (kemudian bergelar Hamengku Buwono I) dan juga Raden Ronggo Prawirosentiko (Bupati Madiun) sebagai arsiteknya, dan Demang Tegis (asli orang Portugis yang mendapatkan gelar dari kerajaan) sebagai tenaga ahli strukturnya. 

Awal mulanya Taman Sari memiliki luas lebih dari 10 hektar dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air. Kebun yang digunakan secara efektif antara 1765-1812 ini pada mulanya membentang dari barat daya kompleks Kedhaton sampai tenggara kompleks Magangan. Namun saat ini, sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat dilihat hanyalah yang berada di barat daya kompleks Kedhaton saja. 


Wisata Sejarah Taman Sari Yogyakarta ini memiliki dua buah pintu gerbang utama, yaitu sebuah Gapuro Agung (yang terdapat dibagian Barat) dan Gapuro Panggung (yang terdapat pada bagian Timur, yang saat ini digunakan sebagai pintu masuk utama menuju lokasi kompleks Taman Sari). Bentuk dari pintu gerbang yang masih sangat indah dan merupakan khas asli dari Jawa, terdapat  motif asli Jawa seperti stilasi dari sulur-sulur tanaman, burung, ekor dan juga ada sayap burung garuda. Tamansari merupakan sebuah komplek sistematis yang lebih banyak menonjolkan artistik pada bagian kolam dan air. Hal yang sama ketika Petualang berjalan di sekitar Sumur Gemuling (Gumuling) dimana nilai artistik pada bagunan tersebut lebih banyak menunjukan sisi kesejukan air. 

Lokasi Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari ini berada tidak jauh dari kraton Yogyakarta, tepatnya berada di Jl. Taman, Kraton, Yogyakarta 55133, Indonesia, sebelah barat alun-alun kidul Yogyakarta. 
Sedang untuk tarif masuk ke Wisata Sejarah Taman Sari Yogyakarta adalah Rp. 5000,- / orang. Cukup murah bukan? Apalagi selain berwisata kita juga akan mendapatkan berbagai pelajaran sejarah kraton Yogyakarta. Untuk Anda yang menyukai sejarah dan kilas balik kerajaan-kerajaan sebaiknya jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata yang satu ini.


EmoticonEmoticon