Kuliner Yogyakarta

Tiwul, makanan khas yang terkenal dari Gunung Kidul Yogyakarta. Mungkin untuk Anda yang berasal dari luar Jogja atau luar Jawa belum begitu mengenal makanan unik yang satu ini. Dulunya memang Tiwul ini dikenal sebagai makanan penggani nasi di daerag Gunung Kidul disaat sulit untuk mendapatkan beras. Tiwul dibuat dengan bahan utama adalah Singkong atau Ketela Pohon yang telah dikeringkan / dijemur dan lebih dikenal dengan nama Gaplek. Namun seiring dengan perkembangan jaman dan juga moderenisasi di daerah Gunung Kidul Yogyakarta, saat ini Tiwul bukan lagi menjadi makanan pokok sebagai pengganti nasi. Tiwul, Makanan Unik Khas Gunung Kidul Yogyakarta yang Menjadi Jajanan Modern dan Nikmat.

Dalam proses pembuatan Tiwul ini tidaklah semudah jika kita menanak nasi, akan tetapi membutuhkan waktu yang lebih lama. Pertama-tama singkong dikupas dan dikeringkan / dijemur untuk diubah menjadi Gaplek. Setelah pembuatan Gaplek selesai, langkah selanjutnya adalah merubah Gaplek ini menjadi tepung dengan cara digiling atau jaman dulu bisa dengan diumbuk menggunakan lesung. Setelah tepung jadi, barulah langkah pembuatan Tiwul dimulai, yaitu membuat adonan dengan menggunakan tempat berbentuk bulat terbuat dari anyaman bambu yang disebut Tampah. 

Berbeda dengan roti, adonan tepung Gaplek hanya menggunakan air yang sedikit sehingga hasilnya akan berbentuk seperti butiran-butiran kecil. Adonan ini kemudian dikukus di dalam dandang sampai matang, biasanya diberi daun pandan untuk menambah aroma wangi pada tiwul. Sedangkan untuk penambah rasa, Tiwul juga bisa ditambah gula jawa dan parutan kelapa.
Gaplek
Gaplek
Tiwul, Makanan Unik Khas Gunung Kidul Yogyakarta yang Menjadi Jajanan Modern dan Nikmat. Jika dulu bentuknya hanya menyerupai nasi untuk dimakan dengan lauk seadanya, sekarang telah banyak diciptakan kreasi menjadi berbentuk roti dan lain-lain. Bentuk yang modern ini akhirnya dipasarkan dan diperkenalkan ke masyarakat dan wisatawan / pengunjung wisata di daerah Gunung Kidul. Dan ternyata banyak yang menyukai dan menjadikannya oleh-oleh yang istimewa. Salah satu tempat yang terkenal dan laris manis menjajakan Tiwul di Gunung Kidul adalah "Tiwul Yu Tum" yang telah berkembang dan memiliki 3 cabang yaitu di Jl. Pramuka no. 36 Wonosari, Jl. Wonosari-Jogja km 3.5 Siyono, dan Jl. Baron km 4.

Jika Anda berkunjung ke wisata daerah Gunung Kidul Yogyakarta pasti akan melewati "Tiwul Yu Tum" dan Anda bisa mampir untuk mencobaTiwul, Makanan Unik Khas Gunung Kidul Yogyakarta yang Menjadi Jajanan Modern dan Nikmat. Dan Anda pasti akan ketagihan setelah mencicipinya karena walaupun terbuat dari singkong, dengan proses yang cukup lama ini memang menghasilkan rasa yang unik dan istimewa. Terlebih lagi setelah saat ini diolah dan disajikan dengan lebih modern.


EmoticonEmoticon