Tugu Jogja. Jika Anda berkunjung dan menginap di Jogja coba luangkan waktu untuk melintasi daerah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro dimana di tengah-tengah perempatan tersebut berdiri kokoh dan indah sebuah tugu yang pasti akan selalu ramai dengan remaja-remaja yang asik berfoto disana. 

Tugu Jogja

Tugu Jogja - Wisata Sejarah Terlaris Jogja. Anda tidak akan pernah merasa lengkap berlibur ke Jogja jika belum datang ke tempat ini. Tugu Jogja dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1755. Pada awalnya, tugu ini berbentuk Golong-Gilig dan mempunyai tinggi mencapai 25 meter, tiang dari tugu berbentuk Gilig (silinder) dan puncaknya berbentuk Golong (bulat), sehingga pada masa itu tugu ini disebut dengan nama Tugu Golong-Gilig. 

Mempunyai makna Manunggaling Kawula Gusti yang menggambarkan semangat persatuan antara rakyat dan penguasa dalam melawan penjajah. Namun di sisi lain juga bisa bermakna sebagai hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta. Gempa hebat terjadi di kota Yogyakarta pada tanggal 10 Juni 1867 mengakibatkan runtuhnya bangunan Tugu Golong-Gilig. Kemudian pada tahun 1889 oleh pemerintah Belanda Opzichter van Waterstaat atau Kepala Dinas Pekerjaan Umum, JWS van Brussel di bawah pengawasan Pepatih Dalem Kanjeng Raden Adipati Danurejo V melakukan renovasi pada bangunan tugu ini. 

Dan hasilnya tugu dibangun dengan bentuk persegi dimana puncaknya tidak lagi bulat melainkan berbentuk kerucut runcing dengan tinggi bangunan 15 meter. Tiap sisi bangunan tugu juga dihiasi semacam prasasti yang menunjukkan siapa saja yang terlibat dalam proses renovasi tersebut. Tugu ini kemudian diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VII pada tanggal 3 Oktober 1889. Sejak saat itu, tugu ini disebut dengan nama De Witt Paal atau Tugu Putih.


Seiring berganti zaman Tugu Putih atau sekarang lebih dikenal dengan Tugu Jogja ini semakin dipercantik demikian pula dengan lokasi di sekelilingnya seperti yang akan Anda lihat ata taman-taman kecil sebagi penghias sekeliling tugu. Disini setiap malam tidak akan pernah sepi oleh pengunjung yang ingin mengabadikan foto di samping tugu. Bahkan ada yang belum puas jika belum pernah menyentuh Tugu Jogja.

Jadi apabila Anda belum sempat datang ke Tugu Jogja, cobalah mampir ketika Anda berada di Jogja dan nikmati malam yang akan terasa indah dengan suasana ramai dan yang pasti Anda juga bisa berfoto-foto bersama keluarga, teman atau sahabat Anda.


EmoticonEmoticon