Kota Jogja selain terkenal dengan sebutan Kota Pelajar juga sering dijuluki Kota Budaya. Hal ini karena memang di Jogja sendiri masih kental dengan adat dan budaya jawa. Salah satu perayaan yang selalu ada di Jogja setiap tahunnya adalah Sekaten. Sekaten, Salah Satu Perayaan Unik di Yogyakarta (Jogja) yang selalu menarik banyak pengunjung baik lokal maupun manca.

Sekaten Yogyakarta

Diperayaan Sekaten ini banyak terdapat berbagai arena bermain untuk anak maupun dewasa, selain itu juga banyak pedagang-pedangan yang berada di dalamnya. Mulai dari kuliner, pernak-pernik sampai dengan busana akan Anda temui disana. Sekaten diadakan di Alun-Alun Utara Kota Yogyakarta dan berlangsung selama lebih kurang satu bulan. 

Puncak peringatan Sekaten ini ditandai dengan Grebeg Muludan yang diadakan pada tanggal 12 Rabiul Awal (Maulud) dimana gerebeg Maulud diarak dan kemudian diperebutkan oleh rakyat banyak. Menurut cerita, Sekaten berasal dari berasal dari kata Syahadatain atau dua kalimat syahadat. Perayaan Sekaten juga merupakan peringatan ulang tahun Nabi Muhammad s.a.w. yang diadakan pada tiap tanggal 5 bulan Jawa Mulud (Rabiul awal tahun Hijrah) di alun-alun utara Surakarta dan Yogyakarta. Upacara ini dulunya dipakai oleh Sultan Hamengkubuwana I, pendiri keraton Yogyakarta untuk mengundang masyarakat mengikuti dan memeluk agama Islam.

Sekaten, Salah Satu Perayaan Unik di Yogyakarta (Jogja) ini dari tahun ke tahun mengalami beberapa perubahan. Selama lebih dari 250 tahun festival ini menjadi hiburan bagi rakyat Yogyakarta dan sekitarnya hingga akhirnya sekitar 10 tahun yang lalu dikomersilkan oleh pemerintah Yogyakarta dengan membayar bea masuk. Namun mulai tahun 2013 sampai sekarang ini nampak keaslian sekaten sebagai festival untuk rakyat dikembalikan dengan tidak lagi ada pungutan bea masuk untuk pengunjungnya (gratis).


Untuk Anda yang saat ini sedang berada di Kota Jogja, silahkan luangkan waktu untuk berkunjung ke Perayaan Sekaten di Alun-alun Utara Yogyakarta ini. Anda akan disuguhi perbagai permainan, dan juga tontonan khas Jawa yang berada di dalam area Sekaten.


EmoticonEmoticon